Berikut Cara Merawat AC Mobil Agar Awet dan Tetap Dingin

Senin 15-07-2024,08:35 WIB
Reporter : Wiji
Editor : Budi Setiawan

MEDIALAMPUNG.CO.ID - AC mobil merupakan salah satu komponen penting yang menunjang kenyamanan berkendara. 

AC Mobil merupakan sistem pendingin yang sangat penting untuk kenyamanan di dalam mobil. Dengan adanya AC Mobil, perjalanan di tengah panasnya siang hari atau kelembaban malam tidak lagi menjadi mimpi buruk

Udara sejuk di dalam kabin saat cuaca panas tentu akan membuat perjalanan lebih menyenangkan.

Namun, sama seperti komponen mobil lainnya, AC juga memerlukan perawatan agar performanya tetap optimal dan awet.Berikut beberapa tips merawat AC mobil:

BACA JUGA:Ini Trik Agar Ban Mobil Bisa Awet dan Berumur Panjang

1. Jaga Kebersihan Kabin Mobil

Debu dan kotoran yang menumpuk di dalam kabin dapat menyumbat filter AC dan mengganggu sirkulasi udara. Oleh karena itu, penting untuk menjaga kebersihan kabin mobil 

2. Hindari Membuka Jendela Mobil Saat AC Menyala

Membuka jendela mobil saat AC menyala akan membuat udara dingin keluar dan kinerja AC menjadi lebih berat. Hal ini dapat menyebabkan AC cepat rusak dan tidak dingin lagi.

BACA JUGA:Berapa Batas Umur Ban Mobil atau Motor? Pemilik Kendaraan Harus Tahu!

3. Jangan Merokok di Dalam Mobil

Asap rokok mengandung zat kimia yang dapat mengotori filter AC dan mengganggu performanya. Selain itu, bau asap rokok juga akan sulit dihilangkan dan membuat kabin mobil tidak nyaman.

4. Rutin Membersihkan Filter AC

Filter AC berfungsi untuk menyaring debu dan kotoran dari udara yang masuk ke dalam kabin. Filter AC yang kotor dapat menyumbat aliran udara dan membuat AC tidak dingin. Oleh karena itu, penting untuk membersihkan filter AC secara rutin, minimal setiap 6 bulan sekali.

BACA JUGA:Begawi Bandar Lampung Gelar Karnaval Mobil Hias Secara Meriah

Kategori :