Dampak Globalisasi pada Perubahan Sosial Peserta Didik

Jumat 14-06-2024,22:40 WIB

Globalisasi membawa banyak perubahan di berbagai aspek kehidupan, termasuk dalam bidang pendidikan. 

Dampak globalisasi terhadap perubahan sosial peserta didik dapat dilihat dari berbagai sisi, baik positif maupun negatif.

Dampak Positif:

  • Meningkatkan akses ke ilmu pengetahuan dan informasi: Globalisasi memungkinkan siswa untuk dengan cepat dan mudah memperoleh pengetahuan dan informasi dari seluruh dunia. Ini dapat membantu dalam peningkatan pengetahuan dan wawasan-building mereka.
  • Meningkatkan dialog dan pertukaran lintas budaya: Siswa sekarang dapat terlibat dalam dialog dan bertukar-tukar dengan individu dari berbagai latar belakang budaya di seluruh dunia berkat globalisasi. Hal ini dapat mendorong perasaan kesatuan dunia, toleransi, dan pemahaman bersama.
  • Lebih banyak pilihan untuk belajar dan bekerja di luar negeri: Sebagai hasil dari globalisasi, ada lebih banyak pilihan bagi siswa untuk studi dan kerja di luar negara. Ini dapat membantu mereka mengembangkan pengalaman dan kemampuan baru. 
  • Peningkatan penggunaan teknologi dalam pendidikan adalah hasil dari globalisasi. Ini dapat meningkatkan efektivitas, interaktivitas, dan minat belajar.
  • Mempersiapkan peserta didik untuk menghadapi persaingan global: Globalisasi menuntut tenaga kerja yang memiliki kompetensi dan keterampilan yang sesuai dengan standar internasional. Pendidikan yang berkualitas dengan kurikulum yang relevan dengan kebutuhan global dapat mempersiapkan peserta didik untuk menghadapi persaingan global di masa depan.

 

Dampak Negatif:

  • Ketika tradisi lokal dikuasai oleh peradaban Barat, globalisasi dapat mengakibatkan westernisasi budaya. Identitas budaya siswa dapat terancam sebagai akibatnya.
  • Materialisme dan Konsumerisme: Tren gaya hidup materialisme dan konsumerisme mungkin dipengaruhi oleh globalisasi. Siswa mungkin menjadi kurang menyadari nilai-nilai sosial dan budaya sebagai akibatnya.
  • Globalisasi memiliki potensi untuk memperburuk kesenjangan sosial-ekonomi antara murid-murid kaya dan miskin. Masalah sosial seperti kemiskinan remaja dan kejahatan dapat timbul dari itu.
  • Cyberbullying dan konten negatif: Penggunaan internet yang tidak bijak dapat membawa peserta didik ke dalam bahaya cyberbullying dan konten negatif lainnya. Hal ini dapat berakibat pada kesehatan mental dan emosional mereka.
  • Penurunan aktivitas fisik: Kemudahan akses informasi dan hiburan melalui internet dan gadget dapat membuat peserta didik menjadi kurang aktif secara fisik. Hal ini dapat berakibat pada kesehatan fisik dan mental mereka.

 

Tantangan dan Solusi:

Globalisasi menghadirkan banyak tantangan bagi peserta didik dalam beradaptasi dengan perubahan sosial. Oleh karena itu, penting bagi pendidik dan orang tua untuk membantu peserta didik dalam menghadapi tantangan tersebut. Berikut adalah beberapa solusi yang dapat dilakukan:

  • Memperkuat pendidikan karakter: Pendidik dan orang tua perlu memperkuat pendidikan karakter peserta didik agar mereka memiliki jati diri yang kuat dan mampu menghadapi pengaruh negatif globalisasi.
  • Meningkatkan literasi media: Pendidik dan orang tua perlu meningkatkan literasi media peserta didik agar mereka dapat menyaring informasi yang mereka dapatkan dari media.
  • Mempromosikan budaya lokal: Pendidik dan orang tua perlu mempromosikan budaya lokal kepada peserta didik agar mereka bangga dengan identitas budaya mereka.
  • Meningkatkan kerjasama antar sekolah: Sekolah perlu meningkatkan kerjasama antar sekolah di seluruh dunia untuk mendorong pertukaran budaya dan pembelajaran antar budaya.
  • Globalisasi adalah proses yang tidak dapat dihindari.  Oleh karena itu, penting bagi kita untuk mempersiapkan peserta didik agar mereka dapat memanfaatkan peluang dan menghadapi tantangan globalisasi dengan baik.

 

Kesimpulan

Globalisasi membawa perubahan sosial yang kompleks bagi peserta didik. Oleh karena itu, diperlukan upaya bersama dari berbagai pihak untuk mengoptimalkan dampak positif dan meminimalkan dampak negatif globalisasi terhadap peserta didik. Dengan demikian, peserta didik dapat menjadi generasi yang cerdas, berkarakter, dan mampu bersaing di era global.

 

Source:

  • Saodah, Qonita Amini, Khofifah Rizkyah, Siti Nuralviah, Nurvia Urfany. (2020).  Pengaruh Globalisasi Terhadap Siswa Sekolah Dasar, Pandawa: Jurnal Pendidikan dan Dakwah Vol 2 No 3, pada https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/pandawa/article/view/907 
  • Salim Kalbin, Mira Puspa Sari. (2019). Pengaruh Globalisasi Terhadap Dunia Pendidikan, researchgate. https://www.researchgate.net/publication/271205216_PENGARUH_GLOBALISASI_TERHADAP_DUNIA_PENDIDIKAN_Oleh 
  • Nuriyati Tuti dan Chanifudin. (2020). Pendidik Milenial di Era Globalisasi, Jurnal. 020. JIL. 1 NO. 3 Asatiza: Jurnal Pendidikan . https://ejournal.staitbh.ac.id/index.php/asatiza/article/view/118
Kategori :