Pembukaan PPDB SMAN 1 Sekincau Diserbu Pendaftar

Senin 12-06-2023,20:28 WIB
Reporter : Rinto Arius
Editor : Budi Setiawan

LAMBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID - Hari pertama Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Tahun Pelajaran (TP) 2023-2024, di SMAN 1 Sekincau, Kabupaten Lampung Barat (Lambar) diserbu banyak pendaftar yang datang dari berbagai pekon di wilayah tersebut.

Waka Kesiswaan SMAN 1 Sekincau Ikhwan Bahtiar, S.Sos., mendampingi Kepala SMAN 1 Sekincau Imam Safei, M.Pdi., mengatakan, sesuai dengan kemampuan sekolah tahun ini penerimaan siswa baru sebanyak 216 orang yang akan dibagi dalam enam rombongan belajar (rombel).

Dimana dalam PPDB itu sendiri sesuai dengan ketentuan pemerintah dibagi dalam beberapa kategori (jalur) yakni Afirmasi 15%, jalur prestasi 30%, jalur zonasi atau perpindahan 50% dan jalur orang tua 5%. 

"Penerapan beberapa jalur ini tujuannya agar sekolah mengutamakan sesuai dengan ketentuan berlaku. Contoh jalur afirmasi adalah siswa yang masuk kategori keluarganya menerima bantuan sosial (Bansos) pemerintah, baik PKH atau jenis lainnya. Begitu juga jalur prestasi yakni siswa yang berprestasi di sekolah sebelumnya. Begitu juga dengan yang lain," terangnya.

BACA JUGA:Disbunnak Lampung Barat Kunjungi Pekon Padang Tambak, Jembatani Usulan Kelompok Tani

Jadwal PPDB sendiri telah ditentukan untuk pendaftaran jalur afirmasi selama dua hari dari tanggal 12 sampai dengan 13 Juni, dan untuk jalur prestasi, zonasi dan orang tua Tanggal 14 sampai dengan 17 Juni.

Ikhwan Bakhtiar merasa optimis target PPDB tahun ini akan terpenuhi, hal itu dilihat daripada penerimaan di tahun-tahun sebelumnya. 

"Dalam PPBD ini kami akan selektif menjalankan ketentuan yang berlaku, kalaupun pada akhirnya nanti jumlah yang mendaftar lebih dari target upaya yang kami lakukan mengarahkan pendaftar masuk di satuan pendidikan yang terdekat lainnya. Karena di Kecamatan Sekincau sudah ada beberapa sekolah SMA sederajat yang juga telah dikenal," imbuhnya.

Salah satu peserta PPDB mengatakan dirinya sejak SMP memang sudah memiliki niat untuk melanjutkan pendidikan di SMA tersebut.

BACA JUGA:Nukman Sebut Soal Aktivitas di Rekening PD Pesagi Mandiri Perkasa Sebesar Rp500 Ribu Tidak Masuk Dalam Laporan

Hal itu didasari selain jarak dari rumah yang dekat, juga SMAN 1 Sekincau telah membuktikan sebagai sekolah yang berkualitas dengan banyak meraih prestasi bahkan tidak sedikit siswa jebolan sekolah yang telah berhasil dalam meraih cita-cita. 

"Saya berkehendak dapat melanjutkan pendidikan di SMAN 1 Sekincau dalam upaya meraih cita-cita saya, yang berguna bagi nusa bangsa, membanggakan orang tua," tandasnya.*

Kategori :