Satu CJH Asal Pesisir Barat Meninggal Dunia

Selasa 16-05-2023,17:55 WIB
Reporter : Yayan Prantoso
Editor : Budi Setiawan

PESBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID - Satu orang Calon Jemaah Haji (CJH) asal Kabupaten Pesisir Barat (Pesbar) dikabarkan meninggal dunia pada 5 Mei 2023 lalu. 

Sehingga, CJH meninggal itu digantikan oleh anaknya untuk berangkat ketanah suci melaksanakan ibadah haji tahun 2023.

Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Pesbar Hi.Helmi, S.Ag, S.Pd, M.M., melalui Kasi Penyelenggara Haji dan Umroh, Hera Rohmawati, S.E, M.M., mengatakan, sebelumnya ada satu CJH tahun 2023 di Kabupaten Pesbar yang meninggal dunia pada 5 Mei 2023 lalu atas nama Mat Pakorudin Sapii usia 74 tahun dengan nomor porsi 0800100743, berasal dari Kecamatan Lemong.

“CJH asal Kecamatan Lemong yang meninggal dunia itu karena mengalami sakit paru-paru, dan memang merupakan CJH lansia,” katanya, Selasa (16/5/2023).

BACA JUGA:Jon Edwar Buka Sosialisasi Indeks Inovasi Daerah

Sehingga, CJH yang meninggal itu digantikan oleh anaknya atas nama Azwar Amir Hasan (68) asal Kecamatan Ngambur untuk berangkat menunaikan ibadah haji ke tanah suci tahun ini. 

Artinya, walaupun CJH meninggal dunia tentu tetap ada penggantinya dari pihak keluarga CJH itu, atau ahli waris. Namun, meski begitu jelas harus memenuhi persyaratan yang berlaku.

“Sedangkan, terkait dengan pengganti CJH yang meninggal itu hingga kini juga belum ada kendala, mudah-mudahan sampai dengan keberangkatan ke tanah suci nanti tetap berjalan dengan lancar,” jelasnya.

Masih kata dia, Kemenag Pesbar hingga kini masih terus mengingatkan kepada seluruh CJH untuk tetap menjaga kesehatan dan juga menjaga pola makan dengan baik dan maksimal. 

BACA JUGA:Perdana UIN Raden Intan Lampung Mewisuda Mahasiswa Non Muslim, Ini Kata Rektor

Hal ini sebagai upaya agar kesehatan CJH bisa terus terjaga sampai dengan keberangkatan maupun selama melaksanakan ibadah haji ditanah suci, bahkan hingga kembali ke tanah air ini. 

Karena kesehatan CJH jelas sangat penting dan memang yang paling utama, sehingga harus benar-benar diperhatikan.

“Untuk itu, kita juga berharap agar pihak keluarga CJH juga dapat bersama-sama mendampingi dan memantau CJH itu selama dirumah, karena CJH asal Pesbar ini banyak yang lansia,” pungkasnya.*

Kategori :