Perdana UIN Raden Intan Lampung Mewisuda Mahasiswa Non Muslim, Ini Kata Rektor

Perdana UIN Raden Intan Lampung Mewisuda Mahasiswa Non Muslim, Ini Kata Rektor

UIN Raden Intan untuk pertama kalinya mewisuda mahasiswa non muslim--

MEDIALAMPUNG.CO.ID - Wisudawan non muslim bergelar doktor di Univesitas Islam Negeri (UIN) Raden Intan Lampung (RIL). Baru pertama kali terjadi di kampus tersebut.

Wisudawan non muslim tersebut bernama Dr. Donald Harris Sihotang yang telah menyelesaikan Program Doktor Manajemen Pendidikan Islam (MPI) Pascasarjana UIN RIL. 

Rektor UIN RIL, Prof Wan Jamaluddin mengatakan, bahwa kampus UIN RIL merupakan perguruan tinggi Islam yang inklusif dan terbuka.

Prof Wan Jamaluddin menyebutkan, UIN RIL baru pertama kali meluluskan wisudawan dari kalangan non muslim. 

BACA JUGA:Heboh! Pimpinan Ponpes Al Zaytun Panji Gumilang Khutbah Idul Fitri Pakai Kitab Injil

"Selamat, Anda menjadi bukti bahwa UIN RIL merupakan perguruan tinggi Islam yang inklusif, terbuka kepada siapa saja pecinta ilmu tanpa memandang latar belakang suku bangsa dan sebagainya," kata Prof Wan Jamaluddin.

Kemudian, tambah Prof Wan, keilmuan di kampusnya tidaklah eksklusif, artinya dapat dipelajari siapapun yang berniat menekuninya.

Ia melanjutkan seluruh wisudawan merupakan orang-orang terpelajar, baik mereka dari jenjang sarjana, magister, maupun doktor.

Ia memberi pesan agar para wisudawan untuk memanfaatkan posisi tersebut dengan sebaik-baiknya, sesuai kemampuan dan keahlian di masing-masing.

BACA JUGA:16 Paket Proyek di Lambar Selesai Tender

"Untuk alumni Perguruan tinggi UIN RIL harus ikut aktif memberikan kontribusi dalam pembangunan bangsa sesuai dengan bidang dan kemampuannya," kata dia.

Lanjutnya, alumni harus menumbuhkan kebaikan juga memberikan contoh teladan serta aktif membantu penyelesaian berbagai masalah yang terjadi.

Prosesi wisuda itu sendiri diadakan secara offline pada Sabtu 13 Mei 2023 yang lalu juga disiarkan di YouTube Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung.

Pada kesempatan tersebut, Prof Wan memberikan penghargaan kepada MAN 1  Bandar Lampung dan MAN 2 Bandar Lampung juga kepada MAN 1 Lampung Tengah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: