Ini Daftar Para Juara Pemilihan Duta Genre Lambar 2023

Sabtu 06-05-2023,17:43 WIB
Reporter : Lusiana Purba
Editor : Budi Setiawan

LAMBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID - Sebanyak 20 peserta remaja putra dan putri bersaing di ajang Grand Final Pemilihan Duta Generasi Berencana (Genre) Kabupaten Lampung Barat tahun 2023, yang digelar di Lamban Pancasila Komplek Perkantoran Pemkab Lambar, Sabtu (6/5/2023). 

Sekadar diketahui, sebelumnya Pemkab Lambar melalui Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan Dan Perlindungan Anak (DP2KBP3A) menyelenggarakan seleksi Duta Genre sejak 23 Januari lalu, dan diikuti oleh 100 peserta yang merupakan putra putri daerah.  

Berdasarkan hasil babak penyisihan terdapat 20 peserta memasuki babak akhir Grand Final, yang diambil tiga besar keluar sebagai juara I,II dan juara III  putra dan putri.

Untuk juara I putra diraih Obet Adrian dari SMAN 1 Liwa, sedangkan juara I Putri Frisca Aina Sipalia dari SMAN 1 Liwa, kemudian juara II putra diraih Rapif Nanan dari SMAN 1 Liwa dan juara II putri diraih Rismalia Gultom dari MAN 2 Liwa, sedangkan juara III putra Raihan Aulia Rapik dari SMP Sekuting Terpadu dan juara III putri diraih Indah Lestari dari SMAN 1 Liwa. 

BACA JUGA:Gubernur Lampung Tak Tahu Nama Daerah saat Ditanya Presiden Jokowi

"Kita berharap dengan adanya pemilihan Duta Genre ini dapat menciptakan remaja-remaja berencana serta terencana yang nantinya menjadi icon bagi remaja Kabupaten Lampung Barat," kata Ferdian Satria selaku Analis Bidang Ketahanan Remaja saat menyampaikan sambutannya mewakili Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Lampung Nurizky Permanajati.

Selain itu, diharapkan kedepannya dapat membawa perubahan ke arah yang lebih baik, pasalnya, Duta Genre memiliki peran penting sebagai motivator dalam meningkatkan ketahanan remaja dan pembinaan remaja salah satunya mengajak teman sebaya mendewasakan usia perkawinan.

Ferdian berpesan, pemilihan duta Genre tidak hanya berhenti sebatas ajang kompetisi atau seleksi saja.

"Harus ada aktualisasi di kehidupan nyata lingkungan remaja, memberi warna perubahan ke arah yang lebih baik," kata dia.

BACA JUGA:Tutup Setengah Badan Jalan, Warga Minta Material Longsor Dibersihkan

Karena menurut Ferdian, label duta Gendre bukan hanya sebatas selempang juara serta piala saja, tetapi merupakan sebuah amanah yang harus dipertanggung jawabkan serta harus dijalankan sebaik mungkin. 

"Kepada Duta Genre yang terpilih, kami harap dapat mengemban tanggung jawab sebaik mungkin, serta jadikan diri anda sebagai icon bagi lingkungan sekitar dan juga bagi remaja Lampung Barat," tegasnya. 

Sementara Kepala DP2KBP3A Kabupaten Lambar M. Danang Harisuseno berharap, Duta Genre dapat membentuk generasi yang sehat, cerdas dan ceria sehingga mampu meraih bonus demografi serta mewujudkan Indonesia emas Tahun 2045 mendatang. 

"Duta Genre sebagai role model dan motivator bagi remaja untuk mensosialisasi dan mempromosikan program Genre akan lebih efektif," ujar Danang. 

Kategori :