Berburu Kebutuhan Pokok, Operasi Pasar Bersubsidi Dipadati Warga

Jumat 11-11-2022,16:46 WIB
Reporter : Edi Prasetya
Editor : Budi Setiyawan

LAMBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID - Dinas Koperasi UKM Perindustrian dan Perdagangan (Diskoperindag) menggelar kegiatan operasi pasar (OP) bersubsidi yang dipusatkan di Balai Pekon Padangdalom, Kecamatan Balikbukit, Jumat (11/11/2022).

Total sebanyak 3.190 kupon dibagikan ke masyarakat agar mendapat subsidi saat membeli bahan pokok yang disediakan. 

Dalam OP ini Diskoperindag menyediakan sebanyak lima jenis komoditi bahan pokok yakni beras, bawang merah, gula, telur ayam serta minyak goreng.

Kegiatan OP kali ini, dihadiri oleh Kepala Kejari Lambar Dedy Sutendy, Kepala Diskoperindag Tri Umaryani, Kasi Intelijen Zenericho, Camat Balikbukit M Yones, Peratin Padangdalom Endra Gunawan.  

BACA JUGA:TNI-Polri Bersama Warga Way Lunik Bersihkan Sungai Kemiri dari Sampah

Kepala Diskoperindag Tri Umaryani, melalui Kabid Perdagangan Sri Hartati menjelaskan dalam kegiatan OP bersubsidi di Balikbukit pihaknya membagikan sebanyak 3.190 kupon untuk lima pekon dan satu kelurahan. 

Komoditas yang disiapkan pada pasar murah tersebut yakni beras 5 kilogram, bawang merah 1 kilogram, gula pasir 1 kilogram, telur 1 kilogram serta minyak goreng 1 liter. 

“Masyarakat penerima manfaat membayar harga komoditas dengan harga subsidi, Pemerintah Daerah memberikan subsidi sebesar Rp5.000/kilogram untuk komoditas beras, gula dan minyak goreng, sementara untuk komoditas bawang merah dan telur disubsidi Rp10.000/kilogram. Namun masyarakat hanya berhak membeli maksimal tiga jenis komoditas,” jelasnya.

Lanjut Sri, dengan adanya OP bersubsidi ini diharapkan dapat meringankan beban masyarakat yang terdampak inflasi. 

BACA JUGA:Bersama LKS Alamanda dan KitaBisa.com, Pemkab Tanggamus Gelar Pembagian Sembako dan Penyuluhan Lansia Dhuafa

“Sebenarnya kita semua terdampak inflasi namun kita prioritaskan untuk masyarakat yang lebih layak menerima serta membantu meningkatkan daya beli masyarakat,” kata dia.

Disisi terkait mekanisme pelaksanaan OP bersubsidi tersebut, pemerintah dalam hal ini Pemkab Lambar bekerjasama dengan Bulog. 

Lalu Bulog berperan dalam menyediakan komoditas, sementara Pemkab menyediakan fasilitas angkutan/distribusi barang dari Bulog ke 15 lokasi pasar murah dan memberikan subsidi harga barang komoditas yang dijual. 

“Operasi Pasar Bersubsidi ini kita laksanakan di 15 kecamatan di Kabupaten Lambar dan hari ini giliran Kecamatan Balikbukit ,” imbuhnya.

BACA JUGA:Curah Hujan Kembali Meningkat, BPBD Pringsewu Siagakan Call Center

Sementara itu, Camat Balikbukit M Yones menyampaikan ucapan  terimakasih atas dilaksanakannya Operasi Pasar Murah di wilayah tersebut seraya mengajak masyarakat agar dapat memanfaatkan momentum itu dengan baik untuk memenuhi kebutuhan pokok.

“OP ini tentunya sangat membantu masyarakat yang saat ini tengah dihadapkan dengan naiknya harga bahan pokok akibat dampak dari kenaikan BBM, meskipun kuotanya terbatas tapi setidaknya ini sangat membantu,” imbuhnya.

Sementara itu, Peratin Padangdalom Endra Gunawan mengatakan operasi pasar yang di pusatkan di wilayahnya itu disambut antusias oleh masyarakat.

Dengan membawa kupon, warga yang didominasi kaum emak-emak langsung berburu kebutuhan sembako yang disediakan.

“Setiap warga yang datang wajib membawa kupon, mereka berburu berbagai kebutuhan pokok seperti beras, minyak goreng, telur ayam dan lainnya. Adanya pasar murah ini tentu sangat membantu warga guna memenuhi kebutuhan pokok dengan harga yang terjangkau,” imbuh dia.(edi/mlo)

Tags :
Kategori :

Terkait