Peringati HKGN, Ratusan Siswa SD di Batubrak Ikuti Aksi Gosok Gigi Serentak

Senin 12-09-2022,16:03 WIB
Reporter : Edi Prasetya
Editor : Budi Setiyawan

LAMBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID - Dalam rangka memperingati Hari Kesehatan Gigi dan Mulut Nasional (HKGN) tahun 2022, Seluruh siswa-siswi tingkat Sekolah Dasar (SD) dan Taman Kanak-kanak (TK) di Kecamatan Batubrak, Kabupaten Lampung Barat mengikuti kegiatan serentak menggosok gigi di masing-masing halaman sekolah, Senin (12/9/202).

Para siswa mendapat edukasi tentang tata cara menyikat gigi yang baik dan benar serta bagaimana cara merawat gigi yang disampaikan oleh tenaga dokter dan petugas kesehatan UPT Puskesmas Batubrak.

Kepala Puskesmas Batubrak Nezwan, S.K.M, menerangkan, kegiatan itu dilakukan untuk mengedukasi siswa agar memahami tentang cara menggosok gigi yang baik dan benar sejak dini. Sehingga nantinya dapat menjadi kebiasaan hingga tumbuh dewasa. 

Selain itu kegiatan itu juga untuk meningkatkan pengetahuan siswa tentang menjaga kesehatan gigi dan mulut serta mengurangi angka kesakitan gigi dan mulut.

BACA JUGA:Pemkab Bahas Persiapan Peringatan HUT Lambar ke-31

"Melalui kegiatan ini siswa jadi tahu bagaimana cara merawat kebersihan gigi dan mulut agar tidak terjadi penumpukan sisa makanan yang dapat menimbulkan karang gigi sehingga membuat gigi menjadi keropos dan berlubang," ujarnya.

Usai mengikuti praktek langsung, lanjutnya, para anak-anak diingatkan agar secara rutin dapat memeriksakan kesehatan giginya ke puskesmas terdekat minimal 6 bulan sekali di samping rajin menggosok gigi tiga kali sehari.

"Selain memperagakan cara menyikat gigi yang baik dan benar, para siswa juga mengikuti penyuluhan tentang pola hidup bersih dan sehat (PHBS) di lingkungan sekolah," jelasnya.

Nezwan menambahkan bahwa ada 8 indikator penerapan PHBS di sekolah, yakni Mencuci tangan dengan air yang mengalir dan menggunakan sabun, Mengkonsumsi jajanan sehat di kantin sekolah, Menggunakan jamban yang bersih dan sehat, Olahraga yang teratur dan terukur, Memberantas jentik nyamuk,Tidak merokok di sekolah serta Menimbang berat badan dan mengukur tinggi badan setiap 6 bulan.(edi/mlo)

 

 

Tags : #hkgn
Kategori :