Meski Penilaian Adipura Belum Jelas, Lambar Tetap Berbenah

Senin 27-07-2020,16:24 WIB
Editor : Budi Setiyawan

Medialampung.co.id – Meski belum ada petunjuk lebih lanjut dari pemerintah pusat, terkait kapan akan dilaksanakannya penilaian Adipura, namun Pemkab Lampung Barat selaku daerah peraih Adipura lima kali dalam kategori kota kecil terus berbenah.

Kabid Pengelolaan dan Pengendalian Lingkungan Hidup Desmon Irawan, S.T., mendampingi  Kepala DLH Lambar Ir. Hi. Ansari  mengungkapkan, sembari menunggu kejelasan kapan penilaian akan dilakukan, Pemkab Lambar melakukan sejumlah pembenahan, sesuai arahan pemerintah pusat diantaranya menyelesaikan laporan yang terkait dengan pengelolaan sampah di kabupaten setempat.

”Arahan pemerintah pusat, yakni pengurangan 30 persen sampah dan penanganan sebanyak 70 persen, itu yang saat ini  terus kami benahi, semoga pada saat penilaian nantinya arahan pemerintah pusat tersebut sudah terlaksana, mengingat untuk  pelaksanaannya membutuhkan proses,” ungkap Desmon ditemui di ruang kerjanya, Senin (27/7).

Saat ini, lanjut dia, tahapan yang dilaksanakan sesuai arahan pemerintah pusat tersebut yakni menyelesaikan laporan neraca pengelolaan sampah, yang nantinya akan diserahkan kepada pemerintah pusat dalam hal ini Kementerian Lingkungan Hidup (KLH) di Jakarta.

”Dalam suksesnya apa yang menjadi arahan pemerintah pusat tersebut perlu peran serta masyarakat, salah satunya mendukung pengelolaan sampah, dengan selalu menjaga kebersihan lingkungan, dan melakukan pemilahan sampah terlebih dahulu sebelum dibuang ke tempat sampah,” ungkapnya.

Pemilahan sampah, kata dia, selain akan sangat mendukung apa yang menjadi program pemerintah dan terwujudnya Adipura, juga bermanfaat bagi masyarakat, dimana sampah yang berasal dari limbah rumah tangga seperti sayur mayur bisa diolah sendiri menjadi pupuk  kompos, kemudian sampah plastic bisa dikumpulkan dan dijual.

”Proses pemilahan sampah di TPA itu membutuhkan waktu, karena itu jika secara mandiri pemilahan dilakukan oleh masyarakat maka itu akan sangat membantu, selanjutnya itu akan bermanfaat bagi masyarakat itu sendiri,” imbuhnya. (nop/mlo)

Tags :
Kategori :

Terkait