Kurangi Penggunaan Herbisida, Disbunnak Siapkan Bantuan Mesin Potong Rumput

Kamis 27-01-2022,17:56 WIB
Editor : Budi Setiyawan

Medialampung.co.id - Sebanyak 50 kelompok tani (Poktan) di Kabupaten Lambar akan mendapatkan bantuan mesin potong rumput dari Pemkab Lambar melalui Dinas Perkebunan dan Peternakan (Disbunnak) tahun ini. 

“Kita tahun ini ada bantuan mesin potong rumput sebanyak 50 unit yang akan dialokasikan kepada 50 kelompok tani. Jadi setiap kelompok akan mendapatkan bantuan satu unit mesin,” tegas Kepala Disbunnak Yudha Setiawan, S.I.P, Kamis (27/1).

Dikatakannya, Poktan di Kabupaten Lambar diharapkan bisa mengurangi, bahkan tidak lagi menggunakan herbisida dalam membasmi rumput pada tanamannya. 

“Penanganan gulma atau tanaman pengganggu, kita sarankan kepada Poktan untuk dilaksanakan secara gotong royong atau istilah petani Blenan,” kata dia.

Kata Yudha, tujuan diberikannya bantuan mesin potong rumput ini dalam rangka mengurangi penggunaan bahan Herbisida, dan rumput yang dipotong bisa dimanfaatkan untuk pakan ternak sehingga terintegrasi dengan tanaman perkebunan.

Selama ini, lanjut dia, petani cenderung menggunakan zat kimia untuk membasmi rumput sehingga akan berpengaruh terhadap kesuburan tanah.

“Dengan dialokasikannya mesin potong rumput kepada kelompok tani ini diharapkan dapat mengurangi penggunaan Herbisida yang menjadi salah satu penyebab tanah menjadi tandus yang berpengaruh buruk pada organisme dan berakibat hilangnya kesuburan tanah sehingga mesin potong rumput ini sangat mendukung salah satu Komitmen Lampung Barat sebagai Kabupaten Konservasi,” ucap Yudha. (lus/mlo)

Tags :
Kategori :

Terkait