Kerukunan Jadi Dasar Penetapan Pekon Purawiwitan Sebagai Kampung Pancasila

Senin 14-03-2022,18:35 WIB
Editor : Budi Setiyawan

Medialampung.co.id - Pekon Purawiwitan, Kecamatan Kebuntebu, Kabupaten Lampung Barat (Lambar) memperoleh predikat Kampung Pancasila dari TNI, di wilayah teritorial Koramil 422-05 Sumberjaya membawahi Kecamatan Sumberjaya, Kebuntebu, Gedungsurian, Airhitam dan Waytenong.

Dan terkait status tersebut, jajaran Koramil Sumberjaya mulai melakukan langkah awal melakukan koordinasi dengan pemerintah pekon setempat untuk pembentukan Kampung Pancasila tersebut  

Disampaikan Danramil Sumberjaya Kapten Arm Iwan Sudrajat, mendampingi Dandim Lambar Letkol Czi Anton Wibowo melalui Serka Abdul Kadir AS, latar belakang dijadikannya Pekon Purawiwitan sebagai Kampung Pancasila, diantaranya menegakkan nilai-nilai pancasila sebagai pedoman rakyat Indonesia dalam berbangsa dan bernegara. 

Sebagai contoh penerapan nilai luhur Pancasila dalam kehidupan sehari-hari. Sebagai contoh toleransi antar umat beragama. Sebagai contoh hidup damai tanpa konflik meskipun terdapat perbedaan agama, suku, dan ras. Selain itu adanya kerukunan dalam masyarakat di daerah yang dipilih sebagai Kampung Pancasila. 

"Pemerintah memilih daerah yang dijadikan Kampung Pancasila dengan melihat tingkat toleransi agama yang tinggi," tegasnya. 

Lanjutnya, adapun tujuan Kampung Pancasila yakni untuk menciptakan suatu media pembelajaran Pancasila bagi masyarakat luas, semakin menumbuhkan kerukunan antar masyarakat di Pancasila, karena penduduknya beragam serta untuk menanamkan nilai-nilai Bhinneka Tunggal Ika.

Kemudian untuk menanamkan pemahaman bahwa seluruh warga negara Indonesia wajib menerapkan sila-sila Pancasila. Untuk menanamkan pemahaman bahwa seluruh warga negara Indonesia wajib memberikan penghormatan dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada para pemimpin bangsa yang telah berhasil menggali dan merumuskan Pancasila sebagai dasar negara.

"Hasil yang diharapkan dari adanya program Kampung Pancasila adalah meningkatnya kecerdasan masyarakat. Proses interpretasi, internalisasi, dan aktualisasi Pancasila akan membentuk pribadi yang unggul," ujarnya. 

Pengembangan budaya melalui Pancasila juga akan menghasilkan kecerdasan spiritual. Lalu, pengembangan sosial akan menghasilkan kecerdasan emosional, dan pengembangan ilmiah akan menghasilkan kecerdasan intelektual.

Atas status itu Juru Tulis Purawiwitan M.Soleh mendampingi Peratin Romli menyebutkan sangat mendukung Kampung Pancasila itu dengan harapan dijadikan purawiwitan akan lebih baik dan dapat mengamalkan nilai-nilai yang terkandung dalam pancasila, seperti makna dari Bhineka Tunggal Ika, Budaya Gotong Royong dan lain sebagainya.(r1n/mlo)

Tags :
Kategori :

Terkait