KBM Semakin Membaik, Mak Cik Ajak Kembali Tingkatkan Literasi 

Rabu 11-11-2020,19:49 WIB
Editor : Budi Setiyawan

Medialampung.co.id - Ketua Tim Gerakan Literasi Daerah (GLD) Partinia Parosil Mabsus, melaksanakan kunjungan kerja (kunker) dengan berkeliling ke satuan pendidikan, pantau Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) Tatap Muka (Luring).

Dari pantauan media ini, Rabu (11/11) saat Partinia melakukan tinjauan ke SMPN I dan SMPN II Kebuntebu, ia didampingi Sekcam Kebuntebu Agus Hadi Purnama, S.Ip, mewakili Camat Indrayani, M.Pd., Pengawas Sekolah, dan Tim Gerakan Literasi Daerah (GLD) Kecamatan Kebuntebu.

Partinia yang akrab disapa Mak Cik mengatakan kunjungan ke sekolah yang telah dilakukannya di beberapa kecamatan, dalam rangka menjalankan tugas wajibnya sebagai Aparatur Sipil Negara (ASN) selaku Pengawas Sekolah.

"Saya dan pengawas lainnya data untuk melihat KBM tatap muka apakah berjalan baik atau tidak. Kemudian apakah pelaksanaan penerapan protokol kesehatan atau tidak. Dan alhamdulillah semuanya berjalan sesuai Standar Operasional Prosedur (SOP)," terangnya. 

Pihaknya sebagai Ketua GLD Lambar mengecek kegiatan literasi di sekolah  Dan ternyata selama penerapan KBM secara online (Daring), terjadi kendala anak-anak lebih banyak bermain dan main game. 

Oleh sebab itu pihaknya mengingatkan kembali pentingnya literasi bagi anak-anak. Apalagi di Kabupaten Lambar, upaya pemaksimalan pendidikan sudah berjalan baik yakni penerapan sekolah gratis artinya tidak ada lagi alasan anak-anak tidak sekolah.

Didukung dengan program Pro Rakyat Bupati Lambar  yakni Pembagian seragam sekolah gratis setiap tahun ajaran baru, memberikan biaya kuliah kedokteran gratis dan pemberian beasiswa untuk anak yang diterima di Universitas Lampung (Unila) Fakultas Seni dan Budaya. 

"Saya mengingatkan anak-anak agar lebih giat belajar untuk mencetak tunas bangsa yang cerdas, berkualitas dan mandiri. Kalau tiga harapan itu mampu digapai insyaallah Kabupaten Lambar akan jadi Lambar Hebat," tegasnya. 

Dan bagi sekolah yang sudah lupa literasi karena pandemi Covid-19, untuk kembali giat dan semangat seperti semula.

"Sekarang anak-anak sudah boleh belajar kelompok juga dapat kembali gunakan perpustakaan baik yang ada di pekon, sekolahan maupun lainnya, asal tetap gunakan protokol kesehatan," ujarnya. 

Dalam kunjungan itu istri Bupati Lambar tersebut juga membagikan buku tulis dan masker kepada siswa didik sekaligus.

Kegiatan berlangsung seru dengan adanya  doorprize pembagian tas sekolah, dengan logo literasi daerah, bagi siswa yang bisa menjawab pertanyaan seputar pemahaman terhadap ideologi bangsa, program unggulan lambar dan seputar covid-19.

Camat Kebuntebu Indrayani, M.Pd., menyampaikan terimakasih kepada. Ketua TP PKK Lambar yang telah memberikan semangat kepada para tunas bangsa dalam melaksanakan KBM Tatap Muka. 

Pihaknya juga berharap kegiatan sosialisasi terkait Pitu Program Pemkab Lambar, akan menjadikan masyarakat kabupaten tersebut bukan saja hebat dan sejahtera melainkan memiliki masyarakat yang cerdas. (rin/mlo)

Tags :
Kategori :

Terkait