Jalan Ambles di Lomboktimur, BPBD Diminta Lakukan Langkah Tanggap Darurat 

Jumat 21-01-2022,14:48 WIB
Editor : Budi Setiyawan

Medialampung.co.id - Anggota DPRD Lampung Barat asal Daerah Pemilihan (Dapil) 1 Nusyirwan Zakki, meminta kepada Pemkab Lambar melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) untuk melakukan langkah tanggap darurat terkait amblesnya jalur Sukau-Lumbokseminung tepatnya Tebaheni, Pekon Lomboktimur Kecamatan Lumbseminung, yang terjadi Kamis (20/1) malam.

Hal itu disampaikannya saat meninjau lokasi jalan ambles bersama dengan Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Lambar Ansari beserta Camat Lumbokseminung Erwin Ardiansyah Indra Guna serta para peratin, Jum’at (21/1).

Disampaikan Nusyirwan, pihaknya mengapresiasi langkah cepat Dinas PUPR yang langsung turun untuk meninjau lokasi. Selanjutnya pihaknya meminta Dinas PUPR agar dapat berkoordinasi BPBD untuk menentukan langkah tanggap darurat mengingat hampir sebagian badan jalan telah ambles dan waktu-waktu jalan tersebut dapat terputus.

“Jalan ini menjadi satu-satunya akses keluar masuk masyarakat, sehingga jika jalan ini putus maka lalulintas akan lumpuh total dan seluruh aktivitas akan terhambat Untuk itu tadi kami sudah meminta Dinas PUPR agar segera berkoordinasi dengan BPBD supaya segera ada langkah penanganan,”ujarnya singkat.

Diketahui, sebelumnya masyarakat pengguna jalan khususnya jalur Sukau-Lumbokseminung ataupun sebaliknya diimbau waspada atas amblesnya jalan tersebut sekitar pukul 19:30 WIB. Dilokasi, pada badan sisi badan jalan telah habis tergerus air sedalam sekitar 1,5 meter dan lebar 3 meter.

Salah seorang pengguna jalan, Sugiarto mengatakan, amblesnya jalan tersebut sudah berlangsung lama, namun sebelumnya telah ditangani dengan ditimbun menggunakan tanah. Namun, hujan deras yang mengguyur wilayah itu pada Kamis (21/1) malam mengakibatkan badan jalan kembali ambles.

“Diameter jalan yang ambles semakin luas, kendaraan roda empat masih bisa melintas namun harus extra hati-hati dan kami berharap segera ada perbaikan karena jika terlambat ditangani sewak-waktu jalan ini akan putus,” imbuhnya.(edi/mlo)

Tags :
Kategori :

Terkait