Targetkan Anugerah Kalpataru, DLH dan KPH 2 Liwa Bina Dua Kelompok HKm

Rabu 06-04-2022,14:35 WIB
Editor : Budi Setiyawan

Medialampung.co.id - Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Lampung Barat, bersama dengan Kesatuan Pengelola Hutan Lindung (KPH) 2 Liwa melakukan pembinaan terhadap kelompok Hutan Kemasyarakatan (HKm) yang akan diusulkan sebagai calon penerima anugerah kalpataru 2022 tingkat Provinsi Lampung.

Kabid Pengelolaan dan Pengendalian Lingkungan Hidup pada DLH Lambar Sukimin, SIP., mengungkapkan, berdasarkan inventarisasi dan kunjungan lapangan yang dilakukan bersama dengan KPH 2 Liwa, maka ditetapkan ada satu kelompok HKm yang memenuhi syarat untuk diusulkan tahun ini, yaitu Kelompok Tani Hutan Sumbersari 2 Pekon Simpang Sari Kecamatan Sumberjaya.

”Di Lampung barat ini total ada 50 HKm, dan dari hasil penilaian dan pertimbangan yang dilakukan, maka Kelompok Tani Hutan Sumbersari 2 yang dinyatakan layak untuk mewakili Lambar, pada tahapan penilaian dalam anugerah kalpataru 2022,” ungkap Sukimin. 

Dijelaskan, tahun ini selain mengusulkan HKm Sumber Sari sebagai calon penerima anugerah kalpataru tingkat provinsi Lampung, Pemkab melalui dinas lingkungan hidup juga mengusulkan HKm Wonorejo Pekon Basungan Kecamatan Pagardewa sebagai calon penerima anugerah Kalpataru tingkat nasional tahun 2022.

”Untuk HKm Wonorejo Pekon Basungan juga kami lakukan pembinaan, dengan harapan nantinya anugerah Kalpataru tingkat nasional bisa diraih oleh HKm tersebut,” kata Sukimin, mewakili Kepala DLH Lambar Muhammad Henry Faisal, SH, MH.

Sukimin menambahkan, Anugerah Kalpataru adalah penghargaan yang diberikan kepada perorangan atau kelompok atas jasanya dalam melestarikan lingkungan hidup di Indonesia, yang terdiri dari kategori Perintis Lingkungan, Pengabdi Lingkungan, Penyelamat Lingkungan dan Pembina Lingkungan

Untuk diketahui, pembinaan tersebut juga dihadiri Kasi Rehabilitasi dan Koordinator Penyuluh KPH 2 Liwa Rizal tias, SE., serta Bambang Susilo, S.Hut. Pembinaan dilakukan langsung dengan mengunjungi pengurus Kelompok HKm.(nop/mlo)

Tags :
Kategori :

Terkait