Hujan Disertai Angin Kencang Sebabkan Pohon Tumbang

Sabtu 05-12-2020,13:32 WIB
Editor : Budi Setiyawan

Medialampung.co.id - Wilayah Lampung Barat dilanda hujan disertai angin kencang pada Sabtu pagi (5/12). Hal itu menyebabkan pohon tumbang di Jalan Radin Intan, tepatnya di depan Kejaksaan Negeri (Kejari) Lambar dan sempat menghambat arus lalulintas, beruntung saat kejadian tidak ada kendaraan yang melintas sehingga tidak menimbulkan korban jiwa. 

Kabid Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Lambar Mekal Novisa mengungkapkan, tim gabungan yang terdiri dari  TRC, Satgas PB, SAR BPBD Lambar bersama Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Polri, PMI dan dibantu masyarakat sekitar bergotong royong membersihkan pohon tumbang. 

"Akibat Intensitas curah hujan yang cukup tinggi disertai angin kencang menyebabkan pohon tumbang yang menimpa jalan raya, alhamdulillah sudah kami bersihkan,  dan tidak ada korban jiwa maupun materil dalam kejadian tersebut," ungkapnya. 

Dikatakannya, prakiraan cuaca umum di Provinsi Lampung pada tanggal 5 Desember 2020 memang terjadi angin secara umum bertiup dari arah Barat ke Barat Laut dengan kecepatan antara 3-15 knots (5-29 Km/Jam), jarak Pandang berkisar antara 5-10 km, kemudian Suhu Udara secara umum berkisar antara 23,0-33,0 °C, bahkan di Lampung Barat berkisar antara 17,0-31,0 °C.

"Secara umum wilayah Lampung diperkirakan pagi hari diperkirakan Berawan, berpotensi hujan di wilayah Lambar, siang dan sore hari di prakirakan hujan," bebernya. 

Berdasarkan warning dari BMKG, waspada potensi hujan lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang. "Khususnya untuk daerah Lambar cukup rentan terjadi pohon tumbang, karena itu kami menghimbau masyarakat untuk waspada," pungkasnya. (nop/mlo)

Tags :
Kategori :

Terkait