Sungai Warkuk Selesai Dinormalisasi, Ancaman Erosi Berhasil Diatasi

Rabu 26-01-2022,16:47 WIB
Editor : Budi Setiyawan

Medialampung.co.id - Normalisasi Sungai Warkuk di Pemangku III Pekon Buaynyerupa, Kecamatan Sukau, Kabupaten Lampung Barat oleh Pemkab Lambar di tahun 2021 lalu telah berhasil mengatasi erosi yang mengancam areal persawahan warga setempat.

Diketahui sebelumnya, bencana erosi terus melanda areal persawahan di bantaran sungai Warkuk, bahkan terakhir di tahun 2020 lalu akibatnya tingginya curah hujan mengakibatkan sedikitnya sekitar 10 hektar lahan sawah warga rusak. Kondisi itu telah berlangsung sejak lama, dan setiap sungai tersebut meluap selalu menyebabkan kerusakan.

Peratin Buaynyerupa Ahmad Naser mengatakan, meski saat ini sebagian besar wilayah Lambar dilanda curah hujan yang tinggi namun, tidak ada lagi kekhawatiran warga akan bahaya erosi di bantaran Sungai Warkuk tersebut.

“Normalisasi yang dilakukan Pemkab Lambar di tahun 2021 lalu alhamdulilah sudah berhasil mengatasi bencana erosi yang bertahun-tahun menjadi keresahan masyarakat yang memiliki lahan persawahannya di bantaran Sungai tersebut. Sekarang meskipun hujan deras dan debit air meningkat, namun tidak lagi menggerus areal persawahan warga,” ujarnya.

Dijelaskannya, normalisasi yang dilakukan oleh Pemkab Lambar tersebut adalah mengembalikan aliran sungai pada jalur semula. “Secara teknis normalisasi dilakukan dengan mengembalikan aliran air ke jalur awal, sehingga dalam pelaksanaannya pemerintah daerah menurunkan alat berat,” imbuhnya. 

Disisi lain, Camat Sukau Hadi Sutanto menambahkan dengan telah selesai dinormalisasi, ia berharap masyarakat untuk tetap menjaga sungai agar tetap bersih dan mencegah timbulnya banjir seperti tidak membuang sampah ke sungai.

“Diharapkan kerjasamanya dari masyarakat untuk menumbuhkan kesadaran dan rasa tanggung jawab terhadap kebersihan lingkungan terutama kebersihan sungai agar fungsi sungai tetap terjaga sebagai salah satu sumber kehidupan,” harapnya.(edi/mlo)

Tags :
Kategori :

Terkait