Peran Orang Tua Jadi Magnet Capaian Vaksinasi Anak di SDN 1 Sukaraja 

Selasa 25-01-2022,20:55 WIB
Editor : Budi Setiyawan

Medialampung.co.id - Orang tua/wali murid siswa SD Negeri 1 Sukaraja, Kecamatan Waytenong, Kabupaten Lampung Barat menjadi magnet semangat anak didik menjalani vaksinasi, program gerai vaksin anak usia 6-11 tahun yang dilaksanakan secara serentak seluruh NKRI. 

Pihak medis Unit Pelaksana Teknis (UPT) Puskesmas Pajarbulan,  bersama TNI dan Polri juga sangat bersemangat melakukan vaksinasi Selasa (25/1). 

Antusias para siswa SD mengikuti vaksinasi massal untuk Indonesia Sehat dan Lampung Barat Hebat, sebagai bukti keinginan masyarakat agar situasi dunia kembali normal dari pandemi Covid-19.

Kepala SDN setempat Siti Fatimah, S.Pd., M.M., berdasarkan keputusan menteri kesehatan No.HK.01.07/MENKES/6688/2021 tentang pelaksanaan vaksinasi Covid-19 bagi anak usia 6-11 tahun, maka SDN itu melaksanakan vaksin jenis sinovac. 

Disebutkan tahapan vaksinasi dimulai dengan persetujuan orang tua yang dibuktikan dengan penandatanganan  lembar informed consent, skrining kesehatan pada anak dan pelaksanaan vaksinasi dengan pendamping orang tua anak.

"Tujuan yang pertama tentu kita ingin memastikan hadirnya pemerintah memberikan perlindungan dari kondisi kesehatan kepada anak usia 6-11 tahun," terangnya.

Kedua tentu semua ingin keberlangsungan belajar tatap muka bisa dilaksanakan dengan penuh kenyamanan, kegembiraan dan suasana yang tenang baik bagi anak itu sendiri maupun orang tua dan juga bagi para guru.

Siti Fatimah menegaskan, kegiatan vaksinasi merupakan jawaban kepada masyarakat,agar orang tua tidak ragu lagi dan menjadi lebih semangat memberikan izin agar putra-putrinya bisa mengikuti pembelajaran tatap muka.

"Kita terus berupaya ajak masyarakat agar tetap optimistis dengan vaksinasi untuk anak-anak karena ini bagian dari pemenuhan hak kesehatan anak. Upaya pemerintah dalam meningkatkan kekebalan daya tahan tubuh anak agar bisa menghindarkan anak-anak dari terpapar Covid-19, dimanapun mereka berada. 

Siti Fatimah juga mengucapkan terimakasih, kepada pihak medis  polri dan TNI juga antusias orang tua/wali murid yang telah memberikan support, sehingga SDN 1 Sukaraja sukses menjalankan vaksinasi. mencapai 90%.(r1n/mlo)

Tags :
Kategori :

Terkait