Hari Keenam, Tim Kabupaten Lakukan Penilaian EPP di Batuketulis-Belalau 

Senin 14-03-2022,18:40 WIB
Editor : Budi Setiyawan

Medialampung.co.id - Hari keenam pada pelaksanaan penilaian Evaluasi Perkembangan Pekon (EPP) tingkat kabupaten tahun 2022, Tim penilai yang terdiri dari sejumlah OPD diantaranya Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pekon (DPMP), Dinas Kesehatan (Dinkes), Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud), Satpol PP, dan TP-PKK kabupaten melakukan penilaian di Kecamatan Batuketulis dan Kecamatan Belalau, Senin (14/3).  

Di Kecamatan Batuketulis, penilaian yang berlangsung di Pekon Argomulyo sebagai duta dari kecamatan setempat itu dihadiri Ketua Tim penilai sekaligus Kabid Penataan dan Kerjasama Pekon pada DPMP Lambar Desmon Irawan, S.T, Camat Batuketulis Sri Handayani S.H, dan jajaran, para peratin serta stakeholder terkait.

Sementara itu penilaian di Kecamatan Belalau, di wakili oleh Pekon Sukamakmur. Kegiatan tersebut juga dihadiri langsung oleh tim penilai Desmon Irawan, S.T, Camat Belalau Drs. Akmal Hakim beserta jajaran dan para peratin. 

Dalam pelaksanaan EPP tahun 2022 itu seluruh kegiatan dikemas secara sederhana di tengah pandemi Covid 19, namun demikian tidak mengurangi kemerahan dan maraknya kegiatan tahun Pemkab Lambar tersebut.

Dalam sambutannya, Ketua Tim Penilai Desmon Irawan, S.T, mengungkapkan bahwa kegiatan EPP yang menjadi agenda tahunan pemkab lambar digelar untuk melihat tahapan dan capaian keberhasilan dalam perkembangan pekon setiap tahunnya. 

“Penilaian ini meliputi tiga bidang yakni pertama, evaluasi bidang pemerintahan pekon yang meliputi aspek pemerintahan, kinerja, inisiatif dan kreatifitas dalam pemberdayaan masyarakat serta pekon berbasis teknologi informasi atau E-Goverment dan pelestarian adat dan budaya,” jelasnya. 

Selanjutnya kedua, evaluasi bidang kewilayahan pekon, meliputi aspek, identitas, batas, inovasi, tanggap dan siaga bencana serta peraturan investasi. Terakhir, atau Bidang ketiga yakni bidang kemasyarakatan pekon yang meliputi aspek partisipasi masyarakat, lembaga kemasyarakatan, pemberdayaan kesejahteraan keluarga (PKK), keamanan dan ketertiban, pendidikan, kesehatan, ekonomi, penanggulangan kemiskinan dan terakhir peningkatan kapasitas masyarakat. 

“EPP yang kita laksanakan ini merupakan suatu kegiatan rutin yang dilaksanakan secara berjenjang, mulai dari tingkat kecamatan, kabupaten, provinsi dan puncaknya di tingkat nasional,” paparnya.

Dengan demikian, kata dia, EPP ini menjadi sarana evaluasi perkembangan pembangunan atau usaha pemerintah dan pemerintah daerah bersama masyarakat pekon yang juga menjadi kegiatan pembangunan pekon yang dilaksanakan secara terpadu dengan mengembangkan swadaya gotong royong bersama masyarakat.

“Karena itu kami menghimbau berharap seluruh stakeholder di pekon berperan aktif dalam segala aspek kegiatan dan program untuk mewujudkan Kabupaten Lampung Barat Yang Hebat dan Sejahtera, salah satunya keseriusan kita dalam melaksanakan kegiatan penyelenggaraan EPP,” pintanya.

Sementara itu, Peratin Argomulyo Harjan dalam sambutannya mengaku menjadi suatu kehormatan bagi Pekon Argomulyo yang dipercaya untuk mewakili Kecamatan Batuketulis dalam ajang EPP. 

“Tentu ini menjadi sebuah kebanggan tersendiri bagi kami Pekon Argomulyo, semoga seluruh upaya persiapan yang sama-sama kita lakukan dapat berbuah hasil yang maksimal dan paling tidak dapat membawa Pekon Argomulyo menjadi lebih baik lagi terutama dalam rangka meningkatkan kompetensi sumber daya manusianya,” ucapnya.

Disisi lain, Peratin Sukamakmur Saukani juga menyampaikan ucapan terima kasih atas kepercayaan pekon dan jajaran pemerintah kecamatan belalau yang telah mempercayakan Pekon Sukamakmur untuk mewakili kecamatan setempat dalam ajang EPP tahun 2022. 

“Terimakasih atas pembinaan yang dilakukan oleh semua unsur di Kecamatan Belalau serta dukungan yang diberikan dari sembilan pekon sehingga hari ini kita dapat mengikuti penilaian EPP, selain berharap meraih hasil yang terbaik semoga kegiatan ini dapat membawa meningkatkan kesejahteraan masyarakat di semua bidang yang menjadi objek penilaian,” harapnya. (edi/mlo)

Tags :
Kategori :

Terkait