Sambut Ramadhan Warga Pekon Trimulyo Gelar Ritual Ziarah Kubur Massal

Sabtu 02-04-2022,13:09 WIB
Editor : Budi Setiyawan

Medialampung.co.id - Menyambut bulan suci Ramadhan 1434 Hijriah, masyarakat Pekon Trimulyo, Kecamatan Gedungsurian, Kabupaten Lampung Barat (Lambar) menggelar tradisi lama dengan pola baru yakni ziarah makam (kubur) secara massal.

Ziarah kubur secara bersamaan tersebut dimotori oleh Gabungan Remaja Dan Pemuda (Garda) Pekon Trimulyo yang diawali dengan kegiatan bersih makam.

Peratin Buchori, S.P., mengatakan Ziarah Makam tersebut dalam bahasa jawanya dilaksanakan masih bulan Ruwah atau Syaban, dalam rangka menjelang datangnya Ramadhan.

Lanjut Buchori karena kegiatan itu sangat baik maka disepakati, pertama akan dilaksanakan rutin setiap tahun, kedua Menyepakati melarang pembuatan rumah-rumahan diatas makam dan pemasangan nisan permanen. Dan ketiga membuat pagar pembatas dengan tanaman di antara makam dan lapangan sepak bola.

Dan supaya kesepakatan itu baku, pihaknya selaku pertin akan menindaklanjuti rekomendasi tersebut dengan memberitahukan kepada ahli waris warga yang saat ini keluarganya dimakamkan di Tempat Makam Umum (TPU) Trimulyo.

Dan yang ada bangunan rumah makam di atasnya untuk membongkar secara sukarela sampai batas waktu yg disepakati.

Selain itu peratin juga mengucapkan terima kasih kepada Garda yang telah menginisiasi bersama untuk kegiatan itu.

Dan karena TPU itu dipakai bukan hanya  oleh masyarakat di Pekon Trimulyo melainkan juga oleh warga Pekon Ciptawaras, maka rekomendasi ini akan juga dikoordinasikan dengan Peratin Ciptawaras.

Sekedar diketahui acara doa bersama dalam ziarh itu dipimpin oleh Ustadz Muhtarom Al Hafidz, Dalam tausiahnya menyampaikan bahwa ziarah kubur seperti ini diperbolehkan oleh Nabi Muhammad SAW.

Karena orang yang sudah meninggal itu sangat mengharapkan bantuan doa kita anak-anaknya, saudara seiman pada saat masih ada di alam barzah. (r1n/mlo)

Tags :
Kategori :

Terkait