Pekon Sukananti Akhiri Tahun 2021 Dengan Musrenbang  

Selasa 21-12-2021,21:12 WIB
Editor : Budi Setiyawan

Medialampung.co.id - Pemerintah Pekon Sukananti, Kecamatan Waytenong, Kabupaten Lampung Barat (Lambar) melaksanakan Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) pekon usulan 2022 realisasi 2023.

Dalam agenda tahunan yang dilaksanakan di Gedung Serba Guna (GSG) Sukananti tersebut, dihadiri utusan kantor kecamatan, Pendamping PDTI, Lokal Desa (PLD), unsur Lembaga Hippun Pekon (LHP), LPMP, tokoh masyarakat, agama, dan pemuda. 

Seperti diketahui Musrenbang pekon tersebut sengaja dilaksanakan akhir tahun, sebagai persiapan kegiatan serupa tingkat kecamatan, sehingga pekon sudah memiliki skala prioritas usulan pembangunan 2022 realisasi 2023 terutama melalui Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten.

Peratin Alfi Yulizon, dalam sambutannya menyampaikan terimakasih atas kehadiran semua unsur utusan warga dan pemerintah.

"Hari ini kita melaksanakan musrenbang pekon, atau menghimpun aspirasi yang masuk dari tiap-tiap pemangku maupun usulan sekolah, sebagai dasar usulan pada musrenbang kecamatan," terangnya.

Dalam hal itu Alfi menegaskan, tidak semua usulan yang diajukan akan direalisasikan sebagaimana mestinya, melainkan pemerintah akan melihat skala prioritas sesuai kebutuhan, dan diselaraskan dengan kemampuan dana yang dimiliki. 

"Sebelum kita masukan dalam usulan pekon ke kecamatan, semua aspirasi yang terhimpun hari ini akan dibahas bersama untuk menentukan skala prioritas usulan poin usulan yang memang membutuhkan penanganan dan kemungkinan realisasinya lebih besar," terangnya. 

Dan terkait Dana Desa Alfi Yulizon menyebutkan untuk saat ini sesuai peraturan presiden, pemanfaatan Dana Desa 40% untuk Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLTDD) 20% penanganan ketahanan pangan, dan 8% untuk penanganan Covid-19, artinya dari persentase itu yang dapat dikelola seperti untuk fisik, pemberdayaan, insentif kader dan lainnya serta kebutuhan lain pekon tinggal 32%.(r1n/mlo)

Tags :
Kategori :

Terkait