Rapat Awal Tahun, Pekon Gedungsurian Fokus Seputar Dana Desa

Rabu 05-01-2022,14:39 WIB
Editor : Budi Setiyawan

Medialampung.co.id - Pemerintah Pekon Gudungsurian, Kecamatan Gedungsurian, Kabupaten Lampung Barat dipimpin Peratin Boimin, melaksanakan rapat koordinasi awal tahun, pembahasan Keputusan Presiden (Keppres) RI No.104/2021, tentang pemanfaatan Dana Desa Tahun Anggaran (TA) 2022. 

Dalam rapat tersebut peratin dan jajaran kaur, kasi, melakukan jajak pendapat dengan para kepala pemangku, diantaranya pembahasan tentang seleksi bakal calon (balon) penerima Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-DD). Pembahasan tentang usaha ketahanan pangan dan bidang pemberdayaan, 

Dijelaskan Boimin rapat awal tahun tersebut, merunut pada keppres No.104/2021, pemanfaatan Dana Desa yang ditetapkan sebanyak Empat Puluh Persen (40%) untuk BLT-DD, 20% untuk ketahanan pangan, 8% untuk penanganan Covid-19, 12% untuk pemberdayaan kader dan 20% untuk pembangunan.

Pada kesempatan Boimin menegaskan untuk penerima BLT-DD tetap mengacu pada tahun sebelumnya yakni kepada warga yang kategori pra sejahtera, dan paling terdampak covid 19, seperti kehilangan mata pekerjaan dan beberapa indikator lain.

Sementara untuk ketahanan pangan direncanakan pekon tersebut akan mengembangkan bidang peternakan, baik hewan maupun ikan. "Tentunya setelah hasil musyawarah ini terangkum, pihak pekon akan berkoordinasi dengan Lembaga Himpun Pekon (LHP), kemudian menjalankan proses berikutnya, seperti pembentukan satgas BLT-DD," terang Boimin.

Yang pastinya kata Boimin dengan penetapan 40% BLT-DD maka jumlah penerima bantuan uang tunai dari pekon akan bertambah dari 2021, sehingga akan diseleksi kelayakan penerima. (r1n/mlo)

Tags :
Kategori :

Terkait