Putra Lambar Lolos Sebagai Finalis Duta Bahasa Provinsi Lampung

Kamis 17-03-2022,14:47 WIB
Editor : Budi Setiyawan

Medialampung.co.id - Andi Rinaldo merupakan satu dari lima putra-putri terbaik Lampung Barat yang mengikuti ajang pemilihan Duta Bahasa Provinsi Lampung tahun 2022, berhasil lolos sebagai finalis bersama dengan 23 finalis dari seluruh kabupaten se-Provinsi Lampung, pada ajang pemilihan Duta Bahasa Lampung tahun 2022.

Acara tersebut diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek), Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kantor Bahasa Provinsi Lampung yang bermitra dengan Ikatan Duta Bahasa Provinsi Lampung.

Perjuangan putra kelahiran Batukebayan, Kecamatan Batuketulis 25 Maret 2003 tersebut masuk dalam jajaran Finalis tersebut cukup panjang, proses penyisihan yang dilakukan tim panitia cukup ketat dimana diikuti oleh 531 orang peserta yang berasal dari 15 kabupaten/kota se-Lampung. Dari lima orang delegasi yang dikirim Lambar, ada empat orang yang belum berhasil lolos yakni Andre Rian Dotama, Piz Roni, Salman Al-Ranawi, dan Nili Roslina.

Kabid Kebudayaan pada Dinas Pendidikan dan kebudayaan (Disdikbud) Lambar Riyadi Andrianto, SH., mengungkapkan, para peserta harus melalui beberapa tahap seleksi yang ketat sebelum terpilihnya 12 pasang duta bahasa provinsi lampung 2022, yaitu tahap administrasi, UKBI adaptif dan wawancara, Psikotes dan Krida kelompok, wawancara akhir serta malam penganugerahan yang akan diselenggarakan, Selasa (24/3).

”Tujuan diselenggarakannya pemilihan Duta Bahasa Provinsi Lampung ini adalah mencari figur generasi muda untuk mengkampanyekan dan menyosialisasikan trigatra bangun bahasa, dan gerakan literasi,” ungkapnya, mendampingi Kadisdikbud Lambar Bulki Basri.

Selain peran Duta Bahasa Sebagai Mitra Kerja Kantor Bahasa Lampung, kata dia, duta bahasa juga dituntut untuk selalu mengutamakan Bahasa Indonesia, melestarikan bahasa daerah dan menguasai bahasa asing.

”Pemilihan Duta Bahasa Provinsi Lampung tahun ini juga diikuti dari 15 kabupaten yang ada di Provinsi Lampung baik dari Universitas Negeri, Swasta dan Lembaga Kerja yang ada di provinsi lampung, para pendaftar akan melewati tahapan demi tahapan yang dimulai dari beberapa bulan yang lalu,” ujarnya.

Ia bersyukur dari lima delegasi yang dikirim satu orang berhasil lolos sebagai finalis, untuk selanjutnya akan mengikuti tahap akhir pemilihan Duta Bahasa Bahasa bersama dengan 23 finalis lainnya yang akan diselenggarakan pada malam Jumat 24 maret 2022 di hotel emersia. (nop/mlo)

Tags :
Kategori :

Terkait