Gerak Cepat, Puskesmas Batuketulis Kunjungi Keluarga Bayi Penderita Kelainan Jantung dan Paru-Paru 

Rabu 19-01-2022,17:25 WIB
Editor : Budi Setiyawan

Medialampung.co.id – Sejumlah tenaga kesehatan (nakes) UPT Puskesmas Batuketulis yang dipimpin oleh Kapuskes Sarwo Edi Wahono S.K.M, mengunjungi keluarga Michael Ananta Sugiarto bayi laki-laki berusia dua bulan asal Pekon Argomulyo, Kecamatan Batuketulis, Kabupaten Lampung Barat yang menderita kelainan jantung dan paru-paru, Rabu (19/1).

Kedatangan para nakes tersebut untuk memberikan support sekaligus bantuan kepada keluarga Michael yang diterima langsung oleh Yohanes Anton Sugiarto ayah dari bayi mungil tersebut. 

Kepala Puskesmas Batuketulis Sarwo Edi Wahono mengatakan, kedatangan pihaknya untuk memastikan kondisi terkini dari bayi tersebut. Bahkan jika sewaktu-waktu keluarga membutuhkan bantuan untuk mendapat pelayanan kesehatan baik di puskesmas maupun rumah sakit di Lambar pihakya siap untuk memfasilitasi.

“Jadi kami baru dapat informasi kemarin dan setelah kami telusuri proses kelahiran bayi ini sebelumnya ditangani oleh petugas kesehatan dari luar kecamatan karena kebetulan nakes tersebut masih saudaranya, jadi dia tidak ke puskesmas. Bahkan ketika terlihat ada gejala kelainan jantung dan paru-paru anak ini langsung dibawa oleh orang tuanya ke RSUD Alimuddin Umar,” terang Sarwo.

Selain itu, terusnya, kedatangan pihaknya itu juga untuk memastikan bahwa bayi tersebut telah mendapat jaminan kesehatan dan dari pengecekan keluarga tersebut telah tercover dalam program BPJS.

“Alhamdulillah untuk BPJS nya sudah ada semua, dan saat ini Michael sedang dirawat dan observasi di Rumah Sakit Umum Daerah Abdoel Moeloek dan tadi kami sudah sampaikan kalau nanti sudah pulang kerumah dan sewaktu-waktu akan melakukan mengecek kesehatan, kami siap membantu untuk memobilisasi baik ke rumah sakit atau ke puskesmas,” imbuhnya.

Dalam kesempatan itu, pihaknya juga berharap keluarga pasien Michael bisa sabar dan terus berdoa untuk kesembuhan bayi Michael. “Kita mengajak semuanya untuk bersama-sama berdoa, semoga ananda Michael yang tengah berjuang melawan penyakit yang diderita diberikan kesembuhan dan keluarganya diberi ketabahan,” tutupnya.

Sekadar diketahui, Michael Ananta Sugiarto seorang bayi laki-laki berusia dua bulan asal Pekon Argomulyo, Kecamatan Batuketulis, Kabupaten Lampung Barat membutuhkan perhatian dan uluran tangan dari masyarakat.

Pasalnya, di tengah keterbatasan ekonomi keluarga, anak kedua dari pasangan Yohanes Anton Sugiarto dan Wiwik Sugiarti tersebut menderita penyakit gangguan paru-paru dan jantung sehingga dengan kondisi itu ia harus dirawat dan mendapat penanganan intensif di rumah sakit.

Peratin Argomulyo Harjan mengatakan, kondisi yang dialami bayi tersebut sangat memprihatinkan, dimana ketika bernafas ia terengah-engah seperti pelari. Kondisi itu dialami usia 21 hari pasca dilahirkan, saat itu bayi tersebut langsung mendapat perawatan di RSUDAU.

“Kondisinya sangat memprihatinkan, ditengah kondisi ekonomi yang terbilang kurang mampu anak tersebut kini harus menjalani pengobatan medis yang berpindah-pindah yaitu 28 hari dirawat di RSUDAU, enam hari di RS Urip Sumoharjo dan selama 15 hari di rawat di RSUD Abdul Moeloek," ungkapnya.

“Keluarga ini menantikan uluran tangan dari para dermawan. Apalagi saat ini persiapan untuk dirujuk ke Rumah Sakit Jantung di Jakarta sehingga bagi yang ingin membantu Michael, dipersilakan mengirim bantuan ke nomor rekening Bank BRI 5656-01-014018-53-0 atas nama Yohanes Anton Sugiarto atau bagi yang berkenan memberikan bantuan secara langsung dapat menghubungi 0856541671889,” pungkasnya. (edi/mlo)

Tags :
Kategori :

Terkait