Parosil Resmikan Sarana Sanitasi dan BSPS Kelurahan Pajarbulan 

Rabu 22-12-2021,20:31 WIB
Editor : Budi Setiyawan

Medialampung.co.id - Bupati Lampung Barat (Lambar) Parosil Mabsus meresmikan hasil kegiatan program Bedah Rumah dan Pembangunan Sarana Sanitasi Pemkab Lambar 2021 lokasi wisata Cekdam, Kelurahan Pajarbulan, Kecamatan Waytenong, Rabu (22/12).

Dalam peresmian itu hadir Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan Sekretariat Lambar, Kepala Bapedda Lambar Agustanto Basmar, S.P., M.Si, Kepala Dinas (Kadis) Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Lambar Ir Sudarto, serta para Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Lambar lainnya, hingga Camat Waytenong Bambang Hermanto, S.Pdi, MM, Lurah Pajarbulan Erna Risnawati, S.E., Tin Tenaga Ahli Fasilitator Lapangan.

Hadir juga perwakilan kelurahan dan Kelompok Swadaya Masyarakat (KSM), penerima Program Bedah Rumah dan Dana Alokasi Khusus Bidang Sanitasi 2021, hingga Tokoh Adat, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama. 

Dalam sambutannya Parosil sapaan akrab Pakcik, menegaskan kegiatan bedah rumah dibiayai dari dana alokasi khusus (DAK) Bidang perumahan dan program bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) 2021. 

Dijelaskan Pakcik, Tahun ini dilakukan bedah rumah terhadap 246 unit rumah dengan penerima manfaat sebanyak 246 Kepala Keluarga (KK). 

Dan untuk Kelurahan Pajarbulan, Pembangunan Mandi Cuci Kakus (MCK), Dan Sanitasi Pengelolaan Air Limbah (Ipal), dilakukan pada dua titik. Pertama di Pondok Pesantren (ponpes) Al Furqon, kedua di Lokasi Wisata Cekdam Pajarbulan dengan totol cakupan mengakses 50 KK. 

Terus Pakcik, secara keseluruhan kegiatan DAK Sanitasi Tahun Anggaran 2021, mencakup enam pekon dan Satu kelurahan, dengan cakupan layanan sekitar 400 KK. Dengan bentuk sarana sanitasi yang dibangun, adalah MCL, IPAL dan Tangki septik komunal. 

"Dalam periode 2017 sampai dengan 2021, kegiatan DAK Sanitasi telah dilaksanakan di 95 lokasi pekon dengan penambahan cakupan layanan, 5.000 KK," tegasnya. 

Lanjut dia, selain selain sektor perumahan dan sanitasi Pemkab Lambar juga telah melaksanakan pembangunan di sektor air bersih atau air minum di 80 pekon yang juga dibiayai oleh DAK. Pamsimas, APBN dan APBD. 

"Tujuan pembangunan sektor perumahan, air minum Dan sanitasi, adalah untuk meningkatkan cakupan akses masyarakat terhadap pemukiman yang sehat dan layak. " Isu-isu nasional dan daerah yang terkait dengan perumahan, permukiman, air minum dan sanitasi adalah konservasi kabupaten sehat, kabupaten layak anak dan aksi pencegahan stunting," imbuhnya.

Pakcik juga menyebutkan selain tiga sektor di atas juga perlu memberikan perhatian bersama pada sektor pengelolaan persampahan. "Tentunya diharapkan kepada masyarakat untuk dapat memanfaatkan dan memelihara sarana perumahan, sanitasi dan air bersih yang telah dibangun, dengan sebaik-baiknya. 

Di tempat yang sama, Lurah Pajarbulan Erna Risnawati, S.E., atas nama masyarakat baik penerima Bedah rumah atau penerima manfaat sanitasi menyampaikan terima kasih yang setinggi-tingginya kepada Bupati Lambar Parosil Mabsus, dan kepada Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (DPUPR) dalam melaksanakan pembangunan dari awal sampai akhir berjalan lancar.(r1n/mlo)

Tags :
Kategori :

Terkait