Parosil Keluarkan Kebijakan Sterilisasi Wilayah dan Jaminan Hidup

Jumat 03-04-2020,09:48 WIB
Editor : Budi Setiyawan

Medialampung.co.id - Usai Dinas Kesehatan Provinsi Lampung menyatakan satu pasien asal Lampung Barat positif terpapar Coronavirus Disease (Covid-19), Bupati Parosil Mabsus mengeluarkan beberapa kebijakan strategis guna menanggulangi hal tersebut.

Diantara lnya, Program Sterilisasi wilayah, jaminan hidup, keamanan bagi pasien dan keluarga selama masa karantina dan asupan gizi bagi orang tua, balita dan ibu hamil.

"Daerah yang menjadi endemik Covid-19 akan disterilisasi selama 14 hari secara rutin. Pola di Vietnam seperti ini dan berhasil. Jadi pemkab Lambar bersama aparat pekon, TNI, Polri dan pihak lain nya menjaga semua pintu masuk pekon, melakukan pendataan tamu, pemeriksaan kesehatan hingga penyemprotan disinfektan kepada semua tamu tanpa terkecuali," ujar pria yang akrab disapa Pakcik itu, Jumat (3/4).

Selanjutnya, tambah Parosil bahwa pasien dan keluarga terdampak Covid-19 akan mendapatkan Program Jaminan Hidup dari Pemkab Lambar, jaminan keamanan melalui penjagaan oleh pihak terkait selama masa karantina hingga penyembuhan. 

"Jadi pasien dan keluarga terdampak tak lagi memikirkan kebutuhan hidup dan pengobatan lagi. Mereka hanya fokus pada proses penyembuhan dan pemulihan saja. Disinilah negara hadir, menjadi solusi, bagi problem pokok rakyat tersebut disaat darurat," jelas nya.

Tak hanya itu, guna memperkuat dua kebijakan tersebut, Alumni FKIP Unila ini akan memberikan stimulus berupa "Paket Hidup Sehat" melalui penyediaan asupan gizi secara teratur dan rutin kepada kalangan rentan corona berdasarkan kategori usia masyarakat.

"Selain jalur medis, kita juga wajib berserah diri, beribadah dan berdoa memohon agar perjuangan ini diberi kemudahan dari sang pencipta. Jadi saya mengajak warga Lambar berpartisipasi untuk mengirim doa bersama sesuai dengan kepercayaan masing-masing serentak setiap hari nya  sehabis magrib di kediaman masing saja," pungkasnya. (nop/mlo)

Tags :
Kategori :

Terkait