Gandeng Dishub, SDN 1 Purajaya Edukasi Siswa Tertib Lalulintas

Rabu 23-03-2022,12:38 WIB
Editor : Budi Setiyawan

Medialampung.co.id - Guna memberikan pengetahuan terhadap penyebab tingginya kasus kecelakaan lalulintas, Kepala SD Negeri 1 Purajaya, Kecamatan Kebuntebu, Kabupaten Lampung Barat Dewi Suryani, S.Pd., mengambil langkah untuk memberikan pengetahuan terhadap tertib lalulintas dengan menggandeng Dinas Perhubungan (Dishub) Lambar, Rabu (23/3).

Dikemukakan Dewi Suryani, salah satu sebab terjadinya kasus kecelakaan karena adanya pelanggaran berlalulintas dan itu bisa saja terjadi pada anak sekolah dasar yang memang secara ketentuan belum boleh mengendarai kendaraan.

Oleh karena itu sebagai upaya untuk keselamatan berlalu lintas pihaknya berinisiatif membuat gerakan tertib berlalulintas dengan memberikan pembekalan dan edukasi tertib lalu lintas sejak dini. 

Diakuinya sekarang ini, laporan pelajar yang mengalami kecelakaan lalulintas relatif sedikit tetapi tidak ada salahnya sejak dini anak anak diberi pengetahuan tentang rambu, maupun tentang SIM, oleh petugas berkompeten seperti Dishub sebab pihak menjadi pelopor gerakan keselamatan dan tertib berlalulintas.

Sementara dikatakan Pelaksana Tugas (Plt) Kadishub Lambar Drs. Junaidi Jamsari, M.M., melalui kegiatan ini diharapkan guru, orang tua juga ikut bertanggung jawab, misalnya pihak sekolah mempunyai kewenangan untuk memberikan teguran atau sanksi kalau ada pelajar melanggar aturan berlalulintas.

“Kalau ada anak sekolah dan dia belum memiliki SIM atau melanggar rambu-rambu lalulintas, pihak sekolah dapat memanggil orang tuanya dan memberitahu bahwa anak sekolah tersebut belum layak atau belum memenuhi syarat mengendarai motor atau kendaraan lainnya," ungkap pihaknya.

"Masih sering kita menyaksikan para pelajar berseragam sekolah menggunakan kendaraan bermotor berboncengan hingga tiga orang, dan tidak menggunakan helm pengaman, motor tidak layak pakai atau jalan," katanya. 

Sekedar diketahui dalam edukasi tertib lalin tersebut digelar di halaman sekolah, diikuti oleh 233 siswa, dan dewan guru, dengan materi pengenalan rambu kepada siswa serta praktek menolong menyeberang di zebra cross. (r1n/mlo)

Tags :
Kategori :

Terkait