Topang Ketersediaan Pangan, Pekon Gunungterang Lakukan Gerakan PM

Minggu 15-11-2020,14:06 WIB
Editor : Budi Setiyawan

Medialampung.co.id - Untuk menopang ketersediaan pangan akibat terjadinya perlambatan ekonomi dampak pandemi coronavirus disease 2019 (Covid-19), Pekon Gunungterang Kecamatan Airhitam, Kabupaten Lampung Barat (Lambar) menyikapinya dengan melakukan aksi Gerakan Pangan Mandiri (PM), Minggu (15/11).

Masyarakat yang tergabung dari berbagai unsur pemerintahan pekon dan organisasi seperti Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan), PKK, Karang Taruna, Kelompok Wanita Tani (KWT) dan beberapa lapisan masyarakat. Serta dari pihak kecamatan, Kepala Pukesmas Airhitam Asminudin, S.Kep, Ketua Apdesi Airhitam M. Husain, Petugas Penyuluh Lapangan (PPL), Babinsa dan Bhabinkamtibmas memulai gerakan pemanfaatan lahan dalam membentuk sistem pangan yang lebih tangguh, di Pemangku Bedengsari I sebagai lokasi percontohan Gerakan PM. 

Peratin Gunungterang Mahmudin menegaskan, aksi tersebut sebagai aplikasi instruksi Bupati Lambar Parosil Mabsus perihal Gerakan PM, dengan memanfaatkan lahan kosong milik pekon untuk ditanami beragam tanaman tanam seperti jagung, ubi kayu, serta pemanfaatan kebun kolektif warga untuk tanaman temulawak, jahe, dan tanaman obat lain.

"Kegiatan ini sebagai eksekusi terhadap dukungan penuh program Bupati Lambar. Lewat kegiatan seperti itu bisa menciptakan lingkungan yang mudah dalam menjangkau kebutuhan pangan di kehidupan sehari-hari," terangnya.

Sementara Ketua Apdesi Airhitam M. Husain mengatakan, Gerakan PM tersebut diharapkan terus diperluas, dan lahan-lahan yang selama ini belum dimaksimalkan dapat digarap oleh masyarakat.

"Kami juga akan berupaya agar gerakan PM ini terus meluas," ujarnya.

Disebutkan bahwa di masa pandemi covid-19 ini diperlukan pengebangaan pangan mandiri, sehingga masyarakat khususnya tidak mengandalkan sumber pangan dari luar. (rin/mlo)

Tags :
Kategori :

Terkait