Tinjau Longsor Jalan di Mutaralam, Parosil Perintahkan Ambil Langkah Kedaruratan

Rabu 26-01-2022,16:27 WIB
Editor : Budi Setiyawan

Medialampung.co.id - Bupati Lampung Barat (Lambar) Parosil Mabsus gerak cepat meninjau langsung lokasi, jalan kabupaten yang putus akibat tergerus air di Pekon Mutaralam, Kecamatan Waytenong, Rabu (26/1).

Dalam peninjauan tersebut, Parosil didampingi Kadis PUPR Ir Ansari, dan para kabid, Kepala BPBD Lambar Padang Prio Utomo, S.H., bersama para kabid Kadis Sosial (Dinsos) Jaimin, S.Ip., dan jajaran, Camat Waytenong Bambang Hermanto, S.Pdi, M.M., anggota DPRD Lambar Suharlan, S.Ag. 

Di lokasi Parosil secara seksama melihat keadaan titik bencana, serta langsung berkoordinasi dari tim ahli BPBD dan DPUPR terhadap bagaimana upaya penanganan cepat dalam upaya mencegah dampak lebih besar yang mulai mengancam rumah warga. 

"Saya minta secepatnya upaya tanggap darurat, meski hasilnya tidak sepenuhnya maksimal tapi paling tidak mencegah longsor tambahan dan kendaraan minimal motor bisa kembali melintas," pesannya. 

Dan dalam penanganan pembangunannya pihak pemkab akan melakukan upaya pembangunan dengan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Lambar, namun jika dari penghitungan nanti dananya tidak memadai karena diperkirakan menelan dana besar yang diprediksi telan Dua Miliar, maka akan berkoordinasi dengan Kementerian PUPR minimal dengan Kantor Balai Provinsi Lampung.

Parosil tak ketinggalan berpesan kepada warga agar berhati-hati karena saat ini bahkan dimungkinkan cuaca hujan seperti ini masih akan berlangsung.

Sementara dikatakan Kepala BPBD Lambar Padang Prio Utomo dan Kadis PUPR, dalam langkah penanganan nanti, akan dilakukan pemecahan air yang masuk ke lokasi tersebut termasuk dari drainase jalan nasional. 

Dikatakan warga setempat terjadinya longsor badan jalan karena drainase mengalami kerusakan dan menggerus tanah. Kerusakan itu sendiri di picu karena volume air yang bertambah dari ruas jalan nasional. 

"Sudah puluhan tahun titik ini aman. Namun sejak di bangun drainase jalan nasional dan airnya mengarah ke lokasi itu mulai terjadi kerusakan hingga kondisi seperti saat ini.

Pada kunjungan itu Bupati juga menyerahkan bantuan sembako kepada beberapa Kepala Keluarga (KK) sekitaran longsor yang saat ini ada diantaranya sudah mengosongkan rumah karena khawatir terseret longsor. (r1n/mlo)

Tags :
Kategori :

Terkait