Tingkatkan Keimanan Siswa SMPN 1 Gedungsurian Gelar Sanlat 

Jumat 08-04-2022,17:00 WIB
Editor : Budi Setiyawan

Medialampung.co.id - Dalam rangka menjaga kekhusyukan puasa bulan suci ramadhan 1443 Hijriah 2022, siswa didik SMP Negeri 1 Gedungsurian, Kabupaten Lampung Barat menggelar Pesantren Kilat (Sanlat) dari Rabu sampai, Jumat (8/4). 

Sebagaimana diketahui Sanlat merupakan kegiatan pesantren yang diadakan dalam waktu yang singkat. Dengan tujuan memberikan ruang untuk anak agar bisa menjalankan ibadah puasa dengan suasana yang tenang, menyenangkan dan bermanfaat. 

Kepala SMPN setempat Bambang Irawan, S.Pd, M.M., menyampaikan beberapa hal yang terkandung dalam tata cara kehidupan sanlat, pertama adanya suasana kebersamaan dan kesederhanaan, kedua adanya suasana keakraban dan kekeluargaan dan adanya peningkatan pengamalan, penghayatan, dan praktik dalam kehidupan sehari-hari.

Lanjutnya, dalam shalat itu siswa yang mengikuti Kelas VII dan VIII, dengan waktu masuk Pukul 08.00 WIB dan pulang Pukul 11.00 WIB, dengan materi kegiatan seperti pelajaran Fiqih, Baca Al-Quran, Kaligrafi dan Ibadah Syariah. 

Bambang menyampaikan rasa syukur di ramadhan tahun ini kegiatan pendidikan dan ekstrakurikuler kembali dapat dilaksanakan secara Pembelajaran Tatap Muka (PTM) setelah dua tahun sebelumnya ditiadakan akibat pandemi Covid-19. 

Karena itu dia meminta dukungan dari semua pihak agar kondisi kondusif ini dapat terus berlangsung bahkan semakin normal. 

"Dukungan yang kita berikan dalam menjaga kondisi seperti sekarang tetap mentaati anjuran pemerintah terhadap penerapan protokol kesehatan (prokes), seperti memanfaatkan fasilitas yang telah disediakan diantaranya tempat cuci tangan dan fasilitas lainnya," tandas dia. (r1n/mlo)

Tags :
Kategori :

Terkait