Tim Kecamatan Evaluasi Sekaligus Lakukan Pembinaan BUMPekon 

Selasa 22-03-2022,17:34 WIB
Editor : Budi Setiyawan

Medialampung.co.id - Pemerintah Kecamatan Balikbukit, Kabupaten Lampung Barat melakukan pembinaan sekaligus evaluasi terhadap kegiatan perkembangan badan usaha milik pekon (BUMPekon) di Pekon Padangdalom, Selasa (22/3).

Kegiatan tersebut dipimpin oleh Camat Balikbukit Mat Suhyar, S.I.P., beserta jajaran dan ikuti oleh peratin dan seluruh jajaran aparatur pemerintah pekon dan pengurus BUMPekon setempat. 

Dalam kesempatan itu, Mat Suhyar mengatakan, bahwa kegiatan evaluasi dan pembinaan BUMPekon menjadi bagian dari tugas pemerintah kecamatan untuk mengetahui progres atau perkembangan salah satu program kegiatan pemerintah pekon bersumber dana desa tersebut.

“Mengingat BUMPekon menjadi bagian penting dalam program dana desa, maka secara berkala kita lakukan pembinaan sekaligus evaluasi untuk mengetahui sejauh mana capaian dan perkembangan unit usahanya,” ujarnya. 

Ia menjelaskan, terkait objek evaluasi yakni difokuskan pada pengelolaan dan pelaporan keuangan atau administrasi serta pengecekan kelengkapan aset usaha.

“Objeknya kita fokus ke administrasi dan asset dan sejauh ini semua unit usaha berjalan baik dan tentunya kedepan kita berharap usaha terus berkembang sehingga menjadi salah satu sumber pendapatan asli pekon,” harapnya.

Disisi lain, kegiatan tersebut juga menjadi sarana untuk terus meningkatkan koordinasi dan komunikasi antara pemerintah pekon  dan kecamatan  agar seluruh program kegiatan berjalan optimal.

“Selain pembinaan kegiatan ini juga menjadi ajang silaturahmi, karena komunikasi harus terus jalan mulai dari aparatur di tingkat pemangku sampai dengan kecamatan, apapun persoalan di lapangan harus dikoordinasikan agar ketika ada sesuatu kendala dapat diatasi bersama-sama,” pesannya

Sebab, menurutnya, semua merupakan satu kesatuan yang tak terpisahkan, mulai dari masyarakat, aparatur pekon, LHP serta stakeholder lainya harus bekerjasama membangun pekon, karena peratin tidak dapat menjalankan tugasnya sendiri tanpa ada dukungan dari semuanya. (edi/mlo)

Tags :
Kategori :

Terkait