Nukman Resmi Tutup Kegiatan Seleksi Paskibraka Tingkat Kabupaten 

Minggu 13-03-2022,17:17 WIB
Editor : Budi Setiyawan

Medialampung.co.id - Sebanyak 250 siswa- siswi Sekolah Menengah Atas (SMA) atau sederajat di Kabupaten Lambar mengikuti seleksi Paskibraka tahun 2022 yang digelar Dinas Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Kabupaten Lambar di GOR Aji Saka Kawasan Sekuting Terpadu, Sabtu-MInggu (12-13/3).

Kegiatan tersebut, hari ini, Minggu (13/3) secara resmi ditutup oleh Kepala Disporapar Drs. Nukman, M.M serta dihadiri Sekretaris Disporapar Burlianto Eka Putra dan Kabid Kepemudaan Ahmad Sater, Tim Seleksi serta Pendamping Sekolah. 

Kepala Disporapar Nukman mengungkapkan, kegiatan seleksi calon paskibraka Kabupaten Lambar tahun 2022 dilaksanakan di GOR Ajisaka Sekuting Terpadu. 

“Hasil seleksi paskibraka yang kita laksanakan selama dua hari dari tanggal 12 - 13 Maret ini akan diumumkan besok atau lusa mendatang menunggu hasil penilaian dari tim seleksi,” ungkap Nukman.

Menurut Nukman, hasil seleksi akan terpilih sebanyak 50 peserta terdiri dari 25 pria dan 25 wanita. Selain itu, tim seleksi juga telah memilih 10 peserta, 5 pria dan 5 wanita yang akan mengikuti seleksi di tingkat provinsi. 

“Kepada para peserta agar berlapang dada bilamana mereka tidak terpilih karena seleksi ini murni dari hasil tes yang dilakukan oleh tim seleksi melihat dari kemampuan para peserta dalam mengikuti tahapan penyeleksian,” tegas Nukman.

Nukman juga mengatakan kegiatan ini merupakan ajang silaturahmi bagi siswa siswi dari berbagai sekolah yang ada di setiap kecamatan sebagai pembekalan pengetahuan ekstrakulikuler di luar sekolah dengan melatih disiplin dan menguji ilmu pengetahuan umum lainnya.

“Saya berpesan agar selalu menjaga protokol kesehatan karena pandemi masih ada di sekitar lingkungan kita,” ucapnya.

Sekretaris Disporapar Burlianto Eka Putra menambahkan, seleksi paskibraka ini merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan setiap tahun oleh Pemerintah Daerah yang bertujuan untuk melaksanakan tugas menaikkan dan menurunkan Sang Saka Merah Putih dalam rangka memperingati hari ulang tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia ke-77 tahun 2022 serta mengenang kembali perjuangan para penjajah untuk mewujudkan Pemuda Lampung Barat Hebat.

Untuk seleksi paskibraka tahap awal, lanjut dia, yaitu tes kesehatan meliputi tinggi badan, berat badan, tensi dan yang terkait kesehatan lainnya. 

Kemudian Kesamaptaan yaitu terkait fisik adik-adik calon paskibraka, wawancara pengetahuan umum, talenta terkait kesenian dan budaya.

Lalu tes tertulis terkait pengetahuan umum, sejarah, UUD 1945, Pancasila dan Bahasa Inggris, serta Peraturan Baris Berbaris (PBB). 

Burlianto berharap pelaksanaan pengibaran Bendera Merah Putih pada puncak peringatan HUT Kemerdekaan RI di Kabupaten Lampung Barat tahun 2022 berjalan sukses, dan dari hasil seleksi ini diharapkan terdapat pemuda Lampung Barat yang berhasil dan mewakili Kabupaten Lampung Barat menjadi petugas pengibar bendera pada HUT Kemerdekaan RI tahun 2022 di Provinsi Lampung atau bahkan menjadi Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) tingkat nasional. (lus/mlo)

Tags :
Kategori :

Terkait