Tiga Pasang Remaja Terpilih Sebagai Duta Genre

Rabu 30-03-2022,17:54 WIB
Editor : Budi Setiyawan

Medialampung.co.id - Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP2KBP3A) Kabupaten Lambar menggelar Pemilihan Generasi Berencana (Genre) Kabupaten Lampung Barat Tahun 2022 di Aula Kagungan Setdakab Lambar, Rabu (30/3).

Tampak hadir Plt. Kepala DP2KBP3A M. Danang Harisuseno, S.Ag., M.H. Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) M Henry Faisal, S.H, M.H, Dewan juri M Zaini S.Tp., Apsari Melati Prameswari, S.Psi., Jimi Indra Widjaja S.E., Sahrul Ari Irawan, S.P., Dedi Edwin serta siswa-siswi SMAN 1 Liwa.

Kegiatan yang mengusung tema "Aksi Remaja Hebat Mewujudkan Generasi Lampung Barat Yang Berencana" diikuti oleh 20 peserta perwakilan dari Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan Sekolah Menengah Atas (SMA) yang terdapat di Kabupaten Lambar. 

Pemilihan duta Genre ini terdapat empat kategori penilaian yakni tentang public speaking, wawasan kebangsaan, pengetahuan tentang pusat informasi konseling dan generasi berencana serta penilaian dari media sosial mengenai tingkat kreatif pembuatan video mengenai tema yang sudah ditentukan pihak panitia. 

Dari pemilihan Duta Genre Kabupaten Lambar tersebut terdapat tiga pasang pemenang yang telah dinilai oleh lima dewan juri yakni yang pertama pasangan M. Noviza Wendi perwakilan dari SMAN 1 Waytenong dan Putri Salsabila Madayani dari SMA N 1 Belalau, yang kedua Ammar Erlangga perwakilan SMAN 1 Liwa dan Ardhini Ramadhania SMAN 1 Waytenong serta ketiga Jordi Dwi Setiawan SMAN 1 Sekincau dan Siti Hamidah Remaja SMAN 1 Waytenong.

Plt. Kepala DP2KBP3A M.Danang Harisuseno mengungkapkan, tujuan dilaksanakannya duta genre kabupaten Lambar Tahun 2022, yakni untuk memantapkan pemahaman, pengetahuan dan wawasan serta meningkatkan pengetahuan para remaja dalam pendewasaan usia perkawinan dan pemahaman tentang reproduksi sehat untuk remaja.

Danang berharap, agar yang terpilih menjadi duta genre Lambar Tahun 2022 ini, memang yang terbaik dari seluruh peserta yang ada. agar kedepannya dapat membanggakan Kabupaten Lambar di tingkat Nasional. 

“Mudah-mudahan siapapun yang terpilih menjadi duta genre tahun ini, bisa menjadi yang terbaik dan mewakili Kabupaten Lampung Barat untuk mempromosikan Lampung Barat di masa akan datang,” kata Danang. 

Sementara Koordinator Bina Ketahanan Remaja Badan Kependudukan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Provinsi Lampung Apsari Melati Prameswari, S.Psi mengaku kegiatan pemilihan Duta Generasi Berencana Kabupaten Lampung Barat tahun 2022, merupakan suatu kegiatan keterpaduan dalam rangka menyaring remaja-remaja terbaik, yang rangkaian kegiatan nya sudah dilaksanakan dari tanggal 1 Februari 2022. 

Menurut dia, banyak yang telah dicapai hingga tahap ini, namun masih memerlukan upaya yang luar biasa sehingga terpilihlah Duta generasi berencana Kabupaten Lampung Barat. 

“Dukungan Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana dan Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak Kabupaten Lambar kegiatan pemilihan duta genre itu tidak hanya akan berhenti pada tahap ini saja. Dengan adanya pelaksanaan pemilihan duta genre Kabupaten Lambar tahun 2022 ini, kedepannya dapat lebih terorganisir dan terarah dalam mencapai tujuan yang sudah ditetapkan bersama,” pungkas dia. (lus/mlo)

Tags :
Kategori :

Terkait