DLH Lambar Gelar Pembinaan Calon Sekolah Adiwiyata 

Rabu 23-03-2022,16:54 WIB
Editor : Budi Setiyawan

Medialampung.co.id - Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Lambar menggelar pembinaan calon sekolah adiwiyata tingkat kabupaten di SMPN 1 Sekincau, Rabu (23/3)

Kegiatan pembinaan itu dihadiri Tim Pokja Adiwiyata meliputi kepala sekolah, dewan guru dan operator sekolah.

Adapun sekolah yang dilakukan pembinaan yaitu sekolah-sekolah yang diusulkan oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Lambar untuk tingkat SD dan SMP, dan Kantor Kementerian Agama untuk MIN/MIS/MTsN/MTs swasta sebanyak 23 sekolah, dan untuk pembinaannya beberapa sekolah dikumpulkan sesuai rayonisasi.

Dalam pertemuan pembinaan itu, Kabid Pengelolaan dan Pengendalian Lingkungan Hidup (PPLH) Sukimin, S.I.P, M.M, menyampaikan bahwa gerakan peduli dan berbudaya lingkungan hidup di sekolah (PBLHS) Adiwiyata adalah aksi kolektif secara sadar, sukarela, berjaring, dan berkelanjutan yang dilakukan oleh sekolah dalam menerapkan perilaku ramah lingkungan hidup

Sementara tujuannya menciptakan perilaku warga sekolah yang bertanggungjawab dalam upaya pelestarian lingkungan hidup, peningkatan kualitas lingkungan, mendukung dan meningkatkan ketahanan dan kewaspadaan warga sekolah terhadap bahaya bencana, serta menciptakan lingkungan sekolah yang sehat dan bersih. 

“Program Sekolah Adiwiyata adalah program yang berkelanjutan, dimana penghargaan diberikan secara berjenjang yang dimulai dari Adiwiyata Tingkat Kabupaten, Adiwiyata Tingkat Provinsi dan Adiwiyata Nasional serta Adiwiyata Mandiri,” tegasnya.

Seraya menambahkan, adapun komponen penilaian Adiwiyata yaitu perencanaan gerakan PBLHS, pelaksanaan gerakan PBLHS, serta pemantauan dan evaluasi gerakan PBLHS.  

“Kita juga menyampaikan bagaimana perencanaan, pelaksanaan dan juga evaluasi yang harus dilakukan dalam mewujudkan lingkungan sekolah yang lestari, bersih dan sehat serta berbudaya ramah lingkungan dengan melibatkan seluruh warga sekolah (kepala sekolah, dewan pendidik, siswa/siswi, komite, wali murid dan masyarakat di lingkungan sekolah),” pungkas dia. (lus/mlo)

Tags :
Kategori :

Terkait