Ditlantas Polda Lampung Akan Gelar Operasi Patuh

Rabu 15-07-2020,19:57 WIB
Editor : Budi Setiyawan

Medialampung.co.id - Tingkatkan kepatuhan dalam berkendara, Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Lampung akan gelar Operasi Patuh Krakatau 2020 mulai Rabu (23/7) mendatang.

Operasi tersebut akan berlangsung selama 14 hari atau sampai Rabu (5/7) mendatang, dengan menerapkan tiga pendekatan, yakni preventif (edukasi) 40 persen, preventif (pencegahan) 40 persen, dan represif (penindakan) 20 persen.

Diungkapkan, Dirlantas Polda Lampung Kombes Donny Sabardi Halomoan Damanik, Lampung sebagai pintu gerbang masuknya Sumatera yang menimbulkan banyak potensi permasalahan, khususnya lalu lintas, dan ditambah lagi kurang disiplinnya masyarakat terhadap kepatuhan berkendara.

Dengan itu, dalam rangka menciptakan keamanan keselamatan dan kenyamanan di jalan, Ditlantas Polda Lampung akan melaksanakan operasi patah krakatau 2020 dengan harapan masyarakat dapat tertib lalu lintas.

"Kegiatan ini dibarengi dengan Adaptasi Kebiasaan Baru yakni dengan menerapkan protokol kesehatan," ucapnya, Rabu (15/7).

Kegiatan yang akan dilaksanakan selama 14 hari ini akan berbeda dengan kegiatan operasi patuh sebelumnya. Karena saat ini situasi pandemi, sehingga operasi ini juga bertujuan untuk memutus rantai penyebaran Covid-19.

"Meski Lampung bukan wilayah PSBB tapi kita harus waspada," ujarnya.

Menurut Donny, pihaknya juga akan melakukan kegiatan pemantauan di Angkutan umum.

"Dengan memperhatikan memakai masker atau tidak, penumpang tidak lebih dari 50 persen, dan tetap jaga jarak," ucapnya.

Terkait pelanggaran yang bakal ditindak, diungkapkan Donny, pelanggaran yang dilihat dari evaluasi angka pelanggaran yang sering terjadi. Diantaranya surat menyurat, SIM dan STNK, helm dan melawan arus.

Donny pun mengingatkan kepada masyarakat yang memanfaatkan jalan untuk kegiatan agar bisa melakukan koordinasi.

"Seperti kenduri, diarahkan untuk tidak mendadak, kalau memang terpaksa digunakan bisa koordinasi pihak kepolisian, jangan sampai karena digunakan kegiatan keramaian akhirnya membatasi lawan arus," tandasnya.

Sementara itu, Kabid Humas Polda Lampung Kombes Zahwani Pandra Arsyad menyampaikan adaptasi baru yang akan dilaksanakan pada operasi krakatau adalah bagaimana mengawali hidup dengan pola baru, yaitu pola baru 3M, menggunakan masker, menjaga jarak, mencuci tangan.(pip/mlo)

Tags :
Kategori :

Terkait