Curi Start Kampanye, Calon Peratin Bisa Didiskualifikasi 

Kamis 27-01-2022,17:53 WIB
Editor : Budi Setiyawan

Medialampung.co.id – Seluruh calon pada pelaksanaan pemiliharan peratin (pilratin) serentak gelombang pertama tahun 2022 di 60 Pekon di Kabupaten Lampung Barat diimbau agar dapat mematuhi dan menghormati seluruh tahapan pilratin. 

Hal demikian ditegaskan oleh Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pekon (DPMP) sebagai bagian dari panitia pilratin tingkat kabupaten dalam menyikapi ditemukannya sejumlah atribut  atau alat peraga kampanye (APK) lainnya yang dipasang belum pada jadwal kampanye.

Kabid Pemerintahan pekon Ruspel Gultom, S.H, M.M mewakili Kepala DPMP Drs. Saekudin, M.M, menegaskan bahwa hal tersebut merupakan pelanggaran, untuk itu untuk tetap menjaga suasana yang kondusif pihaknya meminta kepada seluruh calon agar dapat menghormati dan mematuhi tahapan pilratin dengan menahan diri untuk tidak memasang dan menyebar APK, sebelum jadwal kampanye dimulai.

“Ya jelas ini melanggar, dan kami rasa semua calon sudah memahami dan menyadari itu, karena aturan dan tahapan sudah disosialisasikan oleh panitia di tingkat pekon. Jadi kita semua harus saling menghargai dan mematuhi aturan yang ada,” pesan Ruspel.

Sebab, ia menegaskan bahwa jika itu dilanggar maka yang bersangkutan dapat dikenakan sanksi, mulai dari teguran hingga didiskualifikasi dari pencalonan sehingga ia berharap agar ini dapat menjadi perhatian bersama.

“Panitia saat ini akan melaksanakan tahapan sosialisasi terkait surat suara tata cara pencoblosan calon peratin kepada masyarakat. Sementara untuk tahapan kampanye calon peratin di mulai tanggal 17, 18, 19 Februari mendatang,” jelasnya.

Ia juga berpesan kepada seluruh calon peratin yang akan melaksanakan kampanye mulai tanggal 17 hingga 19 Februari nanti agar mematuhi dan menerapkan protokol kesehatan sesuai anjuran pemerintah. Mulai dari memakai masker, menjaga jarak dan menghindari kerumunan guna mencegah penyebaran Covid-19.

“Selain menjaga situasi agar tetap sejuk dan kondusif, penerapan protokol kesehatan wajib di laksanakan segala aktivitas agar seluruh tahapan pilratin berjalan aman dan damai serta terhindar dari penularan wabah Covid-19,” imbuhnya. (edi/mlo)

Tags :
Kategori :

Terkait