Camat Bambang Ajak Bersama Tegakkan Pesta Demokrasi Pilratin Yang Kondusif 

Rabu 29-12-2021,20:29 WIB
Editor : Budi Setiyawan

Medialampung.co.id - Untuk menciptakan pesta demokrasi Pemilihan Peratin (Pilratin) serentak yang kondusif, Camat Waytenong, Kabupaten Lampung Barat (Lambar) Bambang Hermanto, S.Pdi, M.M., memfasilitasi Deklarasi Damai Pilratin, Rabu (29/12).

Seperti diketahui 23 Februari 2022 mendatang sebanyak 60 pekon di Kabupaten Lambar serentak melaksanakan pilratin. Termasuk di Kecamatan Waytenong yang akan diikuti oleh empat pekon yakni Padangtambak, Tambakjaya, Mutaralam dan Karangaagung. 

Dalam aksi tersebut dihadiri juga Danramil 422/06 Sumberjaya Kapten ARM Iwan Sudrajat, Kapolsek Sumberjaya Kompol Ery Hafri, SH, MH, Kepala KUA Waytenong Herwansyah, S.Ag. Lurah Pajarbulan Ernawati, SE, seluruh peratin Kecamatan Waytenong, para Calon Peratin (Catin), Ketua Lembaga Himpunan Pekon (LHP) tokoh agama, masyarakat,dan pemuda.

Saat memberikan sambutannya Bambang Hermanto, mendampingi bupati Lampung barat Parosil mabsus menyampaikan atas nama pribadi dan pemerintah kabupaten Lampung Barat, mengucapkan terimakasih atas kehadiran para tamu undangan. 

Pihaknya berharap tahapan pilratin berjalan dengan lancar tanpa kendala. "Tak lupa pula terimakasih saya sampaikan kepada panitia penyelenggara, yang telah dengan semangat menyelenggarakan deklarasi damai pemilihan Peratin di kecamatan Waytenong," ungkapnya.

Disebutkan deklarasi damai pilratin ini merupakan bentuk komitmen bersama untuk mewujudkan situasi yang aman dan kondusif, dalam proses pilratin. 

"Deklarasi damai ini bertujuan untuk memastikan tercapainya situasi yang aman dan damai dalam proses pelaksanaan pilratin 23 Februari tahun depan," tegasnya. 

Bambang juga berharap agar hubungan kekerabatan yang berbasis pada nilai-nilai adat, tetap dijaga dalam keseluruhan proses pilratin. Diantaranya dapat ditunjukkan dengan sikap saling menghargai satu dengan yang lain.

Pihaknya percaya para catin adalah putra terbaik di pekon masing-masing, karena itu diminta agar menjadi teladan, dengan komitmen memang atau kalah hal biasa dalam kompetisi.

"Jika nanti saat pilratin selesai, kalau ada yang kalah jangan sampai mengumpulkan massa untuk membuat keributan tetaplah lapang dada, dan yang menang agar dapat merangkul mereka yang kalah untuk nantinya dapat bekerjasama dalam pelaksanaan pelayanan pemerintah di pekon masing-masing," imbuhnya. 

Kapolsek Sumberjaya Kompol Ery Hafri,dalam sambutannya mengingatkan para catin untuk mengikuti pilratin dengan baik dan sportif. Jangan ada upaya memberikan informasi hoax yang berpotensi menimbulkan gesekan dan memecah belah. 

"Harapan saya para catin khususnya, untuk siap menang dan kalah, atau legowo atas hasil yang diperoleh," pintanya. 

Ditempat yang sama Danramil Sumberjaya Kapten ARM Iwan Sudrajat meminta seluruh catin berkomitmen melaksanakan pesta demokrasi dengan baik, tertib, dan aman.

"Pilratin bertujuan melahirkan pemimpin yang amanah. Insyaallah pemimpin yang baik dan jujur akan menghasilkan pemimpin yang amanah, untuk itu tegakkan aturan hindari politik uang dan cara-cara yang tidak etis," tutupnya. (r1n/mlo)

Tags :
Kategori :

Terkait