Bulan Ramadhan, Puskesmas Gedungsurian Tetap Layani Vaksin Covid-19 

Selasa 05-04-2022,19:01 WIB
Editor : Budi Setiyawan

Medialampung.co.id - Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Puskesmas Gedungsurian, Kabupaten Lampung Barat (Lambar) tetap membuka gerai vaksin Covid-19 di bulan puasa ramadhan. 

Seperti pada Selasa (5/4), tim medis bersama aparat polsek yakni bhabinkamtibmas melakukan vaksinasi kepada warga dari semua unsur di Pekon Trimulyo. 

Dikatakan Kepala UPTD Puskesmas Gedungsurian NS Aminudin, S.Kep., gerai vaksin di Pekon Trimulyo dilaksanakan atas permintaan pihak pekon setempat, dimana dalam gerai itu diberikan semua pelayanan vaksin dosis I, dosis II dan Booster, namun pada kesempatan kali ini cenderung pelayanan booster seperti kepada aparat pekon dan petugas terkait lainnya.

Asminudin menyebutkan, menjalankan vaksin pada dasarnya bukan sekedar untuk individu melainkan untuk kepentingan bersama, oleh sebab itulah sudah menjadi kewajiban dan tanggung jawab pihak kesehatan dalam pelayanannya. 

Walaupun karena saat ini sedang suasana bulan puasa jadi pelayanan kurang dominan karena masyarakat memilih khusyuk berpuasa. 

Asminudin menyampaikan jumlah warga yang tervaksin dalam gerai tersebut, sebanyak 43 orang, diantaranya Dosis I, empat orang, Dosis II 12 orang dan Dosis III Dua Puluh Tujuh orang. 

Terpisah disampaikan Kepala UPTD Puskesmas Airhitam Nubaiti, S.Kep., selama ramadhan pelayanan vaksin difokuskan di puskesmas, hal itu untuk membantu masyarakat seperti yang hendak vaksin karena mau mudik, atau kepentingan lain. 

Nurbaiti menyebutkan pada dasarnya vaksin sangat penting untuk kesehatan khususnya dari Covid-19 oleh sebab itu berbagai upaya dilakukan pemerintah untuk kesehatan masyarakat. 

Pihaknya juga menegaskan warga agar tidak khawatir vaksin akan membatalkan puasa, karena sesuai surat fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI) Vaksinasi Covid 19 Dengan Injeksi Intramuskular tidak membatalkan puasa. 

"Berdasarkan penelitian secara medis puasa dapat berpotensi mengoptimalkan sistem imun," tandasnya.(r1n/mlo)

Tags :
Kategori :

Terkait