Boimin : Transparansi Publik Bagian Penting Kemajuan Pekon 

Senin 20-09-2021,18:19 WIB
Editor : Budi Setiyawan

Medialampung.co.id - Dibawah kepemimpinan sosok peratin yang falamboyan, Boimin atau lebih akrab disapa Mas Boy (MB), Pekon Gedungsurian, Kecamatan Gedungsurian, Kabupaten Lampung Barat, menjadi salah satu pekon yang konsisten dalam menjaga keterbukaan dan transparansi publik.

Hal itu tentunya membantu pemerintah pekon dalam peran dan tanggung jawab peningkatan dan pembangunan pekon baik secara Sumber Daya Manusia, maupun dari Sumber Daya Alam (SDM dan SDA), meraih cita-cita Pekon Hebat dan Sejahtera. 

Seperti diketahui transparansi dalam penyelenggaraan publik sangat penting dilaksanakan oleh penyelenggara pelayanan publik sebagai upaya memenuhi kebutuhan masyarakat tentang informasi penggunaan dana yang dikelola oleh pekon, hal itu diatur dalam undang-undang No.6/2014 tentang Dana Desa.

Disampaikan Boimin apa yang dilakukan Pemerintahan Pekon Gedungsurian demi menjaga serta meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap kinerja aparatur pekon. 

"Kami buka secara transparansi Anggaran Pendapatan Belanja Pekon (APBP), melalui publikasi maupun dengan baliho. Artinya bagi masyarakat yang ingin mengetahui lebih jauh dapat menanyakan juga dengan aparat pekon," ungkapnya. 

Dimana masyarakat memiliki waktu dan kesempatan ikut serta dalam melakukan pengawasan serta pengontrolan di setiap pembangunan yang dilaksanakan di pekon tersebut. 

"Bahkan bagi warga yang ingin mengusulkan apa yang akan menjadi pembangunan maupun kegiatan adanya musyawarah dusun maupun musyawarah tingkat pekon yang selanjutnya dibahas mufakat,” jelasnya. 

Di penghujung keterangannya, Boimin juga menyampaikan tentu dalam menjalankan tanggung jawab, aparatur pekon memiliki batasan kemampuan, sehingga terkadang ada aspirasi maupun kepentingan yang belum terlayani secara maksimal. 

Karena itu kritik dan saran selama sifatnya untuk memajukan pekon dan masyarakat di Pekon Gedungsurian, pihaknya sebagai pimpinan menyambut baik dan menyampaikan terimakasih. (r1n/mlo)

Tags :
Kategori :

Terkait