Bersumber dari DBHCT, Disbunnak Siapkan Bantuan Kambing 

Selasa 28-07-2020,15:46 WIB
Editor : Budi Setiyawan

Medialampung.co.id – Bersumber dari dana bagi hasil cukai tembakau (DBHCT), Dinas Perkebunan dan Peternakan (Disbunnak) Kabupaten Lambar tahun ini akan mengalokasikan bantuan ternak kambing kepada kelompok peternak melalui program pengembangan integrasi ternak kambing dengan tanaman perkebunan.

“Untuk bantuan ternak kambing tahun ini sebanyak 160 ekor, rinciannya 154 ekor kambing betina dan 11 ekor jantan,” ungkap Kabid Perkebunan Sumarlin, S.P, M.P mendampingi Kepala Disbunnak Agustanto Basmar, S.P, M.Si.

Dijelaskannya, rencananya bantuan ternak kambing itu akan dialokasikan untuk 11 kelompok peternak di sejumlah kecamatan di Kabupaten Lambar, seperti halnya Kecamatan Bandarnegeri Suoh, Kecamatan Suoh, Kecamatan Sekincau dan Kecamatan Sumberjaya.

“Setiap kelompok akan mendapatkan bantuan 15 ekor kambing, rinciannya 14 ekor betina dan satu ekor jantan,” imbuhnya seraya menambahkan, nama 11 kelompok peternak yang akan mendapatkan bantuan ternak tersebut belum ditetapkan karena masih dalam proses CPCL (calon penerima calon lokasi). 

Kata Sumarlin, melalui program integrasi peternakan dengan perkebunan segala sumber daya hasil perkebunan dapat dimanfaatkan sepenuhnya. Selain buah hasil kebun menjadi komoditas penghasilan utama, juga kotoran yang dihasilkan ternak diharapkan akan kembali lagi ke kebun untuk memupuk tanaman.

"Yang jelas kami akan melakukan integrasi ternak dengan tanaman perkebunan agar penghasilan petani tidak saja dari tanaman kebun, tetapi juga dari ternak," tutup Sumarlin. (lus/mlo)

Tags :
Kategori :

Terkait