BB-TNBBS Terjunkan Empat Orang Mahout untuk Atasi Konflik Gajah di BNS

Selasa 22-03-2022,12:20 WIB
Editor : Budi Setiyawan

Medialampung.co.id - Balai Besar Taman Nasional Bukit Barisan Selatan (BB-TNBBS) menurunkan empat orang mahout (pawang gajah) untuk melakukan penggiringan 18 ekor gajah yang saat ini tengah meneror warga Pekon Gunungratu Kecamatan Bandarnegeri Suoh (BNS). 

Selain itu, terdapat satu orang petugas Wildlife Response Unit (WRU) dari Wildlife Conservation Society (WCS), serta melibatkan Satuan Tugas (Satgas) penanganan Konflik Gajah Kecamatan Suoh dan BNS. 

Kepala TNBBS Resort Suoh Sulki, SH., mengungkapkan, tim dari BB-TNBBS tiba pada Senin malam (21/3), dan langsung melakukan koordinasi dengan petugas-petugas yang akan dilibatkan dalam penanganan konflik tersebut. 

"Untuk penggiringan dilaksanakan hari ini dimulai sekitar pukul 09.00 WIB, yang akan dimulai dengan dilakukannya penggiringan terhadap kawanan  gajah kelompok Bunga ke arah Gunung Ayem," ungkap Sulki, Selasa (22/3). 

Guna kelancaran proses penggiringan, kata dia, pihaknya telah melakukan koordinasi dengan para camat dan peratin yang ada di wilayah itu, agar sama-sama mengimbau masyarakat khususnya yang memiliki lahan garapan di sekitar TNBBS agar tidak melakukan aktifitas terlebih dahulu dalam proses penggiringan tersebut. 

"Masyarakat  Pekon Bumi Hantatai, Pekon Gunungratu dan Pekon Sukamarga yang memiliki lahan garapan di atas, sudah kami imbau melalui aparatur pemerintahan kecamatan dan pekon, dan juga melalui Babinsa dan Bhabinkamtibmas untuk tidak melakukan aktifitas di kebun terlebih dahulu, agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan," ujarnya. 

Sulki berharap proses penggiringan ini bisa terlaksana sesuai harapan dan membuahkan hasil. Namun menurut Sulki, terkait kemungkinan kendala dalam penggiringan nantinya, diantaranya masalah cuaca dan terpecahnya kelompok dari 18 ekor ini. Dimana saat cuaca hujan, maka cukup beresiko dan membahayakan petugas, dan juga kawanan gajah ini terpecah menjadi dua kelompok sehingga tidak bisa dilakukan penggiringan sekaligus. (nop/mlo)

Tags :
Kategori :

Terkait