25 Calon Peratin di Balikbukit Tandatangani Deklarasi Pilratin Damai 

Selasa 21-12-2021,13:29 WIB
Editor : Budi Setiyawan

Medialampung.co.id - Sebanyak 25 calon peratin sepakat menandatangani Deklarasi Damai pada pelaksanaan pemilihan peratin (Pilratin) serentak tahun 2022 di Kecamatan Balikbukit, Kabupaten Lampung Barat, Selasa (21/12).

Bertempat di kantor kecamatan setempat, 25 orang calon peratin dari tujuh pekon telah menandatangani surat pernyataan deklarasi damai yang disaksikan oleh unsur pimpinan kecamatan, diantaranya Camat Balikbukit Edi Jaya Saputra, Kapolsek Balikbukit Iptu Arnis Daely, Danramil Balikbukit Kapten Inf Waniran.

Tercatat, ada delapan poin penting yang telah disepakati, yaitu Mematuhi dan melaksanakan semua peraturan perundang-undangan yang berhubungan dengan pemilihan Peratin. Menjamin suksesnya tahapan kegiatan dan jadwal penyelenggaraan pilpratin periode 2022-2028 di Pekon dengan baik, aman,damai dan senantiasa menciptakan suasana yang tenang dalam berkampanye serta menghindari timbulnya konflik dalam masyarakat.

Kemudian, menghormati perbedaan pendapat dan menempuh jalur musyawarah atau melalui jalur hukum untuk menyelesaikan masalah yang timbul. Mengajak seluruh masyarakat yang telah memiliki hak pilih datang ke TPS untuk menyalurkan hak pilihnya pada tanggal 23 Februari 2022. Meminta kepada semua pihak terutama pihak Kepolisian dan TNI untuk melakukan langkah langkah tindakan pengamanan sesuai dengan peraturan yang berlaku, khususnya dalam melaksanakan pemungutan suara dan perhitungan suara.

Sanggup menerima sanksi atas pelanggaran maupun pengingkaran atas pernyataan ini. Siap menerima hasil akhir rekapitulasi perhitungan suara, siap menang siap kalah dan tidak akan menuntut siapapun baik panitia pemilihan peratin tingkat pekon maupun tingkat kabupaten serta masing-masing calon peratin menyatakan tidak money politik.

Camat Balikbukit Edi Jaya Saputra berpesan kepada seluruh calon agar dapat mematuhi dan melaksanakan seluruh aturan yang tertuang dalam surat pernyataan deklarasi damai tersebut.

"Dengan adanya deklarasi ini maka seluruh calon peratin telah bersedia dan wajib melaksanakan dan menaati tata tertib pelaksanaan pilratin ini dengan penuh rasa tanggung jawab agar berjalan damai aman tertib dan lancar," pesannya.

Hal demikian juga disampaikan Kapolsek Balikbukit Iptu Arnis Daely yang berpesan kepada seluruh calon peratin agar dapat menjaga kondusifitas wilayah pada masa pilratin serta tetap mengedepankan protokol kesehatan untuk pencegahan Covid-19.

“Seluruh calon harus dapat menjaga situasi kamtibmas di wilayah masing-masing, dan tetap disiplin jalankan prokes di segala aktivitas agar seluruh tahapan pilratin berjalan aman dan damai serta terhindar dari penularan wabah Covid-19," imbuhnya.

Disisi lain, Danramil Balikbukit Kapten Inf Waniran juga mengharapkan kepada seluruh calon peratin melalui pendukungnya dapat menjaga stabilitas keamanan dan ketertiban masyarakat di setiap tahapan pilratin.

"Keamanan adalah tanggung jawab kita bersama, oleh karena itu mohon kerjasamanya masyarakat secara umum dan Para Calon peratin melalui tim nya masing-masing untuk selalu amanah dalam menjaga keamanan, ketertiban serta kenyamanan bersama. TNI-Polri dan pihak terkait tentunya akan selalu bersama-sama melaksanakan pemantauan wilayah lebih khusus pekon yang melaksanakan pilratin," pungkasnya.(edi/mlo)

Tags :
Kategori :

Terkait