⁠Riset Ipsos 2025: Dinamika UMKM dan Brand Lokal di Era Persaingan E-Commerce

⁠Riset Ipsos 2025: Dinamika UMKM dan Brand Lokal di Era Persaingan E-Commerce

Strategi E-commerce Ampuh untuk Kemajuan UMKM & Brand Lokal-Foto Istimewa-

BACA JUGA:Waspada Modus Segitiga dalam Jual Beli Mobil Bekas Online, Ini Cara Menghindarinya

Berdasarkan data riset, Shopee dianggap oleh mayoritas responden, sebanyak 62%, sebagai e-commerce yang paling membantu UMKM menembus pasar global, membuktikan efektivitas program mereka. Posisi ini diikuti oleh pemain lainnya, seperti Tokopedia (16%), TikTok Shop (15%), dan Lazada (6%). 

Lebih dari itu, mayoritas UMKM dan brand lokal yang telah mengikuti program Shopee Ekspor juga secara tegas menyatakan dampak positif yang signifikan dari inisiatif tersebut terhadap pertumbuhan bisnis mereka, menunjukkan keberhasilan Shopee dalam mendukung ekspansi global.

“Dalam lanskap e-commerce yang semakin kompetitif, Shopee dinilai sebagai platform paling berdampak bagi pertumbuhan UMKM dan brand lokal. Keunggulan mereka tidak hanya dalam fitur dan kampanye, tetapi juga dalam membangun ekosistem yang mendukung pertumbuhan berkelanjutan,” lanjut Andi Sukma.

Ia juga menekankan bahwa ekosistem adalah kunci keberlanjutan. “Platform yang akan bertahan adalah mereka yang tidak hanya menyediakan etalase digital, tetapi membangun solusi, edukasi, dan ekspansi nyata,” pungkasnya, menggarisbawahi pentingnya inovasi berkelanjutan dan dukungan komprehensif bagi pelaku usaha.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: