Polda Lampung Siap Wujudkan Pelayanan Responsif Sesuai Arahan Kapolri
Kapolda Lampung Irjen Pol Helmy Santika--
MEDIALAMPUNG.CO.ID - Dalam upaya meningkatkan pelayanan kepada masyarakat, Kapolda Lampung Irjen Pol Helmy Santika menyatakan kesiapan penuh jajaran Polda Lampung untuk menjalankan arahan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo.
Arahan ini menitikberatkan pada penanganan perkara yang cepat dan responsif tanpa harus menunggu viral di media sosial.
"Polda Lampung berkomitmen untuk segera menindaklanjuti setiap aduan masyarakat. Ini menjadi bagian dari langkah nyata kami dalam memperbaiki pelayanan sesuai arahan Kapolri," tegas Helmy pada Sabtu (4 Januari 2025).
Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo sebelumnya menekankan pentingnya pembenahan di tubuh Polri untuk meningkatkan kepercayaan publik.
BACA JUGA:Polres Lampung Utara Gencarkan Sosialisasi PPDB SMA Kemala Taruna Bhayangkara
Ia meminta setiap anggota Polri bertindak cepat dalam menangani laporan masyarakat tanpa menunggu kasus tersebut menjadi perhatian luas atau viral di media sosial.
"Kami terus menekankan kepada seluruh personel Polri agar bertindak cepat dan responsif tanpa harus menunggu viral. Baik perkara yang viral maupun tidak, itu tetap menjadi kewajiban kami untuk segera ditindaklanjuti," ungkap Sigit dalam Rilis Akhir Tahun, Selasa (31 Desember 2024).
Arahan ini menjadi refleksi dari evaluasi kinerja Polri sepanjang tahun 2024. Dari total 7 juta interaksi masyarakat di media sosial, sebanyak 46 persen di antaranya merupakan sentimen negatif terhadap institusi kepolisian. Sementara sentimen positif hanya mencapai 37 persen, dan sisanya netral.
"Langkah konkret akan terus dilakukan untuk mengurangi sentimen negatif dengan menunjukkan aksi nyata di lapangan," tambah Sigit.
BACA JUGA:Kapolres Lamsel Jelaskan Kronologis Awal Oknum Petugas KSOP Tembakkan Senpi
Merespons arahan Kapolri, Kapolda Lampung menegaskan pentingnya kecepatan dan ketepatan dalam menangani persoalan masyarakat.
Ia memastikan bahwa setiap anggota di jajarannya akan bekerja lebih responsif, mulai dari tahap penerimaan laporan hingga penyelesaian perkara.
"Polda Lampung berfokus pada transparansi dan profesionalisme. Kami ingin memastikan masyarakat merasa terlayani dengan baik tanpa harus menunggu perhatian publik yang lebih luas," lanjut Helmy.
Sebagai langkah awal, Kapolda menginstruksikan optimalisasi unit pelayanan masyarakat di tingkat Polres dan Polsek.
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Sumber: