Panduan Lengkap Message Automation untuk Pemula,Tingkatkan Engagement

Panduan Lengkap Message Automation untuk Pemula,Tingkatkan Engagement

Pelajari cara message automation membantu bisnis tingkatkan engagement dan efisiensi operasional!--

MEDIALAMPUNG.CO.ID - Saat ini untuk mampu bertahan di tengah badai persaingan yang cukup ketat, bisnis kerap dituntut untuk selalu responsif dan tepat sasaran dalam berkomunikasi dengan pelanggan. Karena itu, salah satu cara efektif untuk mencapainya adalah dengan menerapkan message automation. 

terdengar kompleks, tetapi kenyataannya, otomatisasi pesan adalah strategi yang sangat berguna untuk meningkatkan keterlibatan pelanggan (engagement). Selanjutnya dalam artikel ini, kita akan membahas apa itu message automation, cara kerjanya, serta alat-alat penting seperti chatbot dan autoresponder yang dapat membantu bisnis tetap relevan dan kompetitif.

Apa Itu Message Automation

Dalam operasional bisnis, message automation adalah proses otomatisasi pengiriman pesan kepada pelanggan melalui berbagai saluran komunikasi berbeda. Dengan proses ini, bisnis dapat merespons interaksi dengan pelanggan secara otomatis dan lebih efisien. 

Sementara itu dalam prakteknya, strategi ini memiliki dua komponen utama yang saling berkesinambungan yaitu chatbot dan autoresponder. Meskipun keduanya memiliki tujuan yang serupa, namun keduanya juga memiliki perbedaan yang cukup mencolok, untuk lebih jelasnya mari kita bahas lebih lanjut.

Chatbot

Chatbot adalah program perangkat lunak berbasis kecerdasan buatan (AI) atau berbasis aturan yang dirancang untuk berinteraksi dengan pengguna secara otomatis melalui percakapan teks atau suara. Program ini biasanya diintegrasikan ke dalam situs web, aplikasi, atau bahkan platform pesan instan pendukung bisnis, seperti WhatsApp business untuk chatbot.

Dalam operasional bisnis, chatbot memainkan peran cukup penting dalam otomatisasi pesan, beberapa diantaranya seperti.

- Message automation untuk pemesanan atau reservasi. Membantu pengguna untuk memesan produk, layanan, atau reservasi melalui percakapan otomatis.

- Memberikan layanan pelanggan 24/7. Menyediakan dukungan pelanggan sepanjang waktu dengan menjawab pertanyaan umum (FAQ) atau memberikan informasi produk.

- Mengarahkan pelanggan ke agen manusia jika diperlukan.  Jika pertanyaan pengguna lebih kompleks, chatbot dapat mengarahkan mereka ke agen manusia yang sesuai.

- Mengumpulkan data pelanggan untuk analisis lebih lanjut. Integrasi chabot dengan aplikasi lain dapat menjadi media pengumpulan informasi dari pengguna yang dapat digunakan untuk tujuan pemasaran atau layanan pelanggan.

Autoresponder

Serupa dengan chatbot, autoresponder juga merupakan alat otomatisasi yang secara otomatis mengirimkan pesan berdasarkan tindakan tertentu yang dilakukan oleh pengguna atau berdasarkan jadwal yang telah ditentukan. Biasanya program ini digunakan dalam aplikasi promosi pemasaran seperti WhatsApp business API, Facebook, atau email.. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: