Lurah Sukarame Sebut Drainase Tersumbat Penyebab Utama Banjir

Lurah Sukarame Sebut Drainase Tersumbat Penyebab Utama Banjir

Lurah Sukarame, Doni Novria-Foto Jeri-

MEDIALAMPUNG.CO.ID - Hujan deras yang mengguyur Kota Bandar Lampung beberapa hari terakhir menyebabkan banjir di beberapa wilayah. 

Sukarame, salah satu daerah yang terdampak, kembali menjadi langganan banjir akibat sistem drainase yang tidak berfungsi optimal.

Beberapa titik terdampak di wilayah Sukarame antara lain Perumahan Prasanti, Jalan Pulau Sebesi, dan Jalan Pulau Bawean. 

Lurah Sukarame, Doni Novria, mengungkapkan bahwa penyebab utama banjir adalah drainase yang tersumbat, sehingga tidak mampu menampung volume air hujan yang meningkat.

BACA JUGA:YBM PLN UID Lampung Rayakan Milad ke-18 Beri Bantuan Anak Disabilitas dan Tenaga Pengajar

“Penyebab utama genangan air di Sukarame adalah drainase yang tidak berfungsi baik. Saat hujan turun, volume air meningkat dan sistem drainase tidak mampu menampungnya, sehingga air meluap,” jelas Doni.

Doni menambahkan, pihaknya bersama warga Sukarame secara rutin mengadakan gotong royong untuk membersihkan drainase dan memperdalam siring. 

Namun, upaya ini terkendala oleh warga yang masih membuang sampah sembarangan ke siring, menyebabkan saluran air kembali tersumbat.

“Setiap Jumat, saya dan warga selalu gotong royong membersihkan siring dan menggali lebih dalam. Tapi, ada saja warga yang membuang sampah ke siring, sehingga menyebabkan saluran tersumbat lagi,” tegas Doni.

BACA JUGA:Cara Mengatasi Gagal Login ke Aplikasi DANA

Lurah Sukarame juga telah mengajukan permohonan perbaikan drainase kepada Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kota Bandar Lampung. 

Namun, hingga kini, belum ada tindakan karena Dinas PU masih fokus memperbaiki jalan-jalan di Kota Bandar Lampung.

“Kami sudah mengajukan perbaikan drainase ke pihak PU, tapi sampai sekarang belum ada tindakan, mungkin karena PU saat ini fokus memperbaiki jalan-jalan yang rusak,” tutup Doni.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: