Mesuji Luncurkan E-Retribusi Parkir untuk Tingkatkan PAD Melalui Digitalisasi

Mesuji Luncurkan E-Retribusi Parkir untuk Tingkatkan PAD Melalui Digitalisasi

Kabupaten Mesuji Luncurkan E-Retribusi Parkir untuk Tingkatkan PAD--

MEDIALAMPUNG.CO.ID - Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kabupaten Mesuji bekerja sama dengan Bank Lampung dalam upaya mendorong Pendapatan Asli Daerah (PAD) melalui penerapan e-retribusi parkir di Taman Kehati, Mesuji. 

Peluncuran ini dipimpin oleh Penjabat (Pj) Bupati Mesuji, Febrizal Levi, pada High Level Meeting (HLM) Tim Percepatan dan Perluasan Digitalisasi Daerah (TP2DD) yang berlangsung pada 18 September 2024 di Gedung Serba Guna Taman Kehati.

Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Lampung, Junanto Herdiawan, mengapresiasi langkah Mesuji dan Bank Lampung yang terus mendorong digitalisasi transaksi Pemerintah Daerah. 

Berdasarkan evaluasi semester pertama tahun 2024, Indeks Elektronifikasi Transaksi Pemerintah Daerah (IETPD) Kabupaten Mesuji telah mencapai tahap digital.

BACA JUGA:72 TPS di Provinsi Lampung Dikategorikan Sangat Rawan untuk Pilkada 2024

BACA JUGA:Polda Lampung Berhasil Tangkap Otak Penjualan Mobil Bodong, Terlibat Aksi Letusan di Depan Mako Polda Lampung

Namun, potensi peningkatan penerimaan masih terbuka lebar, terutama dengan mempromosikan penggunaan pembayaran digital QRIS.

Junanto juga merekomendasikan beberapa langkah penting, seperti sosialisasi program TP2DD, piloting e-retribusi, penerbitan peraturan daerah terkait digitalisasi transaksi, dan penguatan pelaporan TP2DD. 

Inovasi e-retribusi parkir ini diharapkan dapat menjadi sektor potensial dalam meningkatkan PAD.

Kepala Bapenda Mesuji, I Komang Sutiaka, menambahkan bahwa kegiatan HLM dan capacity building bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dalam pengelolaan PAD, khususnya pajak dan retribusi berbasis digital.

BACA JUGA:Timsel Resmi Umumkan 14 Nama Calon Komisioner KPU Provinsi Lampung, Berikut Daftarnya

BACA JUGA:Pererat Silaturahmi Pj Gubernur Samsudin dan Jajaran Pemprov Olahraga Tenis Bersama Jajaran Kemenpora

Febrizal Levi menegaskan pentingnya adaptasi terhadap perkembangan digitalisasi, terutama setelah pandemi COVID-19, dengan Kabupaten Mesuji berkomitmen menjadi pelopor dalam implementasi pembayaran digital.

Acara ini juga melibatkan PT. Cartenz, PT. FTF Globalindo, OPD terkait, serta kolektor pajak dan retribusi di Mesuji. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: