Menurut dr Zaidul Akbar, Ini Langkah Pencegahan Osteoporosis

Menurut dr Zaidul Akbar, Ini Langkah Pencegahan Osteoporosis

Menurut dr. Zaidul Akbar, Ini Langkah Pencegahan Osteoporosis--

MEDIALAMPUNG.CO.ID - Osteoporosis merupakan kondisi di mana kepadatan tulang berkurang, yang dapat menyebabkan tulang menjadi rapuh dan mudah patah.

Penyakit ini bisa dicegah dengan menerapkan pola hidup sehat, seperti menjaga pola makan dan mengkonsumsi bahan-bahan herbal.

Menurut dr Zaidul Akbar, osteoporosis dapat diatasi dengan menggunakan bahan herbal alami.

Ia menjelaskan bahwa osteoporosis bisa terjadi karena terlalu banyak asam dalam tubuh, yang diakibatkan oleh konsumsi berlebihan gula, nasi, makanan berminyak, hingga tepung-tepungan.

BACA JUGA:dr Zaidul Akbar: Ini Cara Makan Mie Instan agar Tetap Sehat

“Tulang dapat memperkuat dirinya sendiri selama kita menjalankan pola hidup sehat, termasuk diet yang tepat dan latihan beban yang membantu mencegah keropos tulang serta memperkuat tulang yang lemah,” ujarnya.

dr Zaidul Akbar menyarankan agar lebih sering mengonsumsi makanan yang bersifat alkali untuk menjaga kesehatan tulang.

Ada beberapa makanan yang bisa membantu memperkuat tulang dan mencegah terjadinya pengeroposan tulang.

“Untuk mencegah pengeroposan tulang, sebaiknya mengonsumsi air yang memiliki pH tinggi, seperti air alkali. Contohnya adalah air zamzam,” kata dr Zaidul Akbar. 

BACA JUGA:Berikut Tips Menikmati Mie Instan Yang Sehat dan Bergizi

Jika air alkali tidak tersedia, beberapa makanan seperti timun, wortel, sayuran, dan sebagian besar buah-buahan juga dapat memberikan manfaat, kecuali durian yang cenderung bersifat asam.

“Durian memang cenderung asam, tetapi boleh dikonsumsi. Bahkan, biji durian juga bermanfaat untuk memperkuat tulang,” jelasnya. 

dr Zaidul Akbar merekomendasikan biji durian untuk direbus atau dikukus, seperti yang dilakukan oleh generasi terdahulu.

“Biji durian tidak dianjurkan dikonsumsi secara langsung, tetapi bisa diolah dengan cara direbus atau dikukus terlebih dahulu,” tambahnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: