Tak Disangka! Oncom Punya Banyak Manfaat Bagi Kesehatan Tubuh

Tak Disangka! Oncom Punya Banyak Manfaat Bagi Kesehatan Tubuh

Ternyata oncom mempunyai manfaat bagi tubuh -Freepiik.com-

MEDIALAMPUNG.CO.ID - Oncom adalah makanan tradisional yang terbuat dari sisa-sisa kedelai atau kacang tanah yang telah melalui proses fermentasi. 

Seringkali oncom disepelekan sebagai makanan rakyat jelata, namun siapa sangka dengan mengkonsumsi oncom bisa mendatangkan manfaat bagi kesehatan tubuh 

Makanan yang satu  ini  sangat populer di Indonesia, terutama di Jawa Barat, dan sering digunakan dalam berbagai hidangan lokal.

Selain memberikan rasa yang unik, oncom juga memiliki berbagai manfaat kesehatan yang penting. 

BACA JUGA:10 Manfaat Daun Mangga bagi kesehatan

BACA JUGA:Dr. Zaidul Akbar Bagikan Resep Herbal Menjaga Kesehatan Paru-paru

Dengan kandungan protein, serat, vitamin, dan mineral yang bermanfaat, oncom dapat menjadi tambahan nutrisi yang berharga dalam menjaga pola makan yang sehat. 

Berikut adalah beberapa manfaat oncom bagi kesehatan tubuh:

1. Sumber Protein yang Baik

Oncom merupakan sumber protein nabati yang berkualitas tinggi. Protein sangat penting untuk membangun dan memperbaiki jaringan tubuh, serta untuk fungsi sistem kekebalan tubuh. Konsumsi oncom secara rutin dapat membantu memenuhi kebutuhan protein harian, terutama bagi vegetarian dan vegan

2. Kaya Serat

Oncom mengandung serat yang cukup tinggi. Serat berperan penting dalam menjaga kesehatan pencernaan, membantu mengatur pergerakan usus, dan mencegah sembelit. Selain itu, serat juga dapat membantu mengontrol kadar gula darah dan menurunkan risiko penyakit jantung.

BACA JUGA:Segudang Manfaat Lengkuas, Salah Satunya untuk Menjaga Kesehatan Jantung

BACA JUGA:Manfaat Tanaman Hias Sri Rejeki Buat Kesehatan serta Pikiran

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: