Sawah di Karyapenggawa Tak Terdampak Musim Kemarau

Sawah di Karyapenggawa Tak Terdampak Musim Kemarau

Suasana sawah di Karyapenggawa kabupaten Pesisir Barat --

MEDIALAMPUNG.CO.ID – Balai Penyuluh Pertanian(BPP), Kecamatan Karyapenggawa, Kabupaten Pesisir Barat (Pesbar), memastikan seluruh areal persawahan di kecamatan setempat aman dari ancaman musim kemarau yang kini tengah berlangsung.

Kepala BPP Karyapenggawa, Ahmad Joni, S.P., mengatakan, areal persawahan di Kecamatan Karyapenggawa sebagian besar merupakan sawah irigasi, sehingga meski musim kemarau kebutuhan air tetap terpenuhi.

“Selama musim tanam gadu yang berlangsung pada bulan April hingga September, areal persawahan di Kecamatan Karyapenggawa yang ditanami merupakan sawah irigasi,” kata dia.

Dijelaskannya, areal persawahan di Kecamatan Karyapenggawa merupakan sawah irigasi, sehingga proses tanam bisa dilakukan oleh petani tanpa mengenal musim, baik musim hujan maupun musim kemarau tetap bisa ditanami.

BACA JUGA:140 Warga Puralaksana Kecamatan Waytenong Kabupaten Lampung Barat Terima Bantuan Sembako

BACA JUGA:Jalan Rusak Parah, Warga Gang Kapuk Kecewa Seolah Diabaikan Pemerintah

“ Proses tanam padi pada areal persawahan di Kecamatan Karyapenggawa sebenarnya bisa dilakukan kapan saja oleh para petani, karena kebutuhan air bisa dipenuhi dari jaringan irigasi yang tersedia,” jelasnya.

Selain itu, meski musim kemarau, hujan masih mengguyur wilayah kecamatan karyapenggawa, sehingga pasokan air pada areal persawahan tetap terpenuh dengan maksimal.

“ Selain memanfaatkan air dari saluran irigasi, kebutuhan areal persawahan juga terpenuhi dari hujan, karena dalam minggu ini hujan deras sudah mengguyur Kecamatan Karyapenggawa,” terangnya.

Menurutnya, selama musim tanam gadu tersebut, sekitar 400 hektar areal persawahan yang ditanami padi oleh petani. Pihaknya berharap, petani bisa memaksimalkan perawatan hingga memasuki musim panen.

BACA JUGA:Pj Gubernur Samsudin Ajak Masyarakat Ramaikan Wisata Edukasi Kebun PKK Agropark Lampung

BACA JUGA:Selain Pelaksaan Upacara HUT RI, Pj Gubernur Samsudin Juga Akan Berkantor di Kota Baru

“ Dengan potensi yang ada pada areal persawahan di Kecamatan Karyapenggawa, kami terus berupaya memaksimalkan proses tanam dalam rangka memenuhi kebutuhan beras masyarakat disini,” pungkasnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: