Soal Pemulangan Jenazah Turis Asing, Kantor Imigrasi Kotabumi Segera Koordinasi dengan Kedubes Prancis

Soal Pemulangan Jenazah Turis Asing, Kantor Imigrasi Kotabumi Segera Koordinasi dengan Kedubes Prancis

Jenazah Leo Bautamy, turis asing yang ditemukan meninggal di Pantai Walur akan dipulangkan ke negara asalnya di Prancis--

PESBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID - Kantor Imigrasi Kelas II Kotabumi, akan segera berkoordinasi dengan Kedutaan Besar (Kedubes) Perancis yang ada di Indonesia, terkait dengan rencana pemulangan jenazah Warga Negara Asing (WNA) asal Prancis, yang ditemukan meninggal dunia di Pantai Walur Kecamatan Krui Selatan, Kabupaten Pesisir Barat (Pesbar), Senin 29 Juli 2024.

Kepala Seksi Teknologi Informasi dan Komunikasi pada Kantor Imigrasi Kelas II Kotabumi, Khresna Aji Pranata, saat dikonfirmasi menyampaikan bahwa, Kantor Imigrasi Kelas II Kotabumi, memang telah mendapat informasi dan telah berkoordinasi dengan pihak Kepolisian, PHRI Pesbar dan juga pemilik Penginapan dimana WNA yang ditemukan meninggal dunia di pantai tersebut menginap.

"Kita sudah mendapat informasi, selanjutnya akan berkoordinasi dengan kedutaan besar Perancis, mengenai rencana pemulangan jenazah WNA tersebut ke negara asalnya," singkatnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, seorang turis asing sempat hilang ketika pergi ke Pantai Walur, Kecamatan Krui Selatan, Kabupaten Pesisir Barat (Pesbar),  Minggu 28 Juli 2024 kemarin. 

BACA JUGA:Sempat Lumpuh Total, Arus Lalu Lintas di Jalan Batu Brak-Belalau Kembali Normal

Leo Bautamy (25), Warga Negara Asing (WNA) asal Perancis, yang menginap di penginapan Villa Mios Bungalows, Pekon Way Redak Kecamatan Pesisir Tengah, ditemukan dengan kondisi sudah tidak bernyawa di Pantai Walur, sekitar Pukul 14.00 WIB, Senin 29 Juli 2024.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pesbar, Imam Habibudin, S.Hut, M.Si., melalui Sekretaris Hermansyah, S.IP, M.M., mengatakan, korban yang merupakan turis asal Prancis yang sempat hilang itu ditemukan sekitar pukul 14.00 WIB, Senin 29 Juli 2024, oleh nelayan setempat yang sedang menyelam mencari ikan di Pantai Walur.

“Korban ditemukan sudah dalam kondisi meninggal dunia. Saat itu juga korban langsung dievakuasi bersama pihak Kepolisian untuk dibawa ke Puskesmas Krui, dan akan diproses lebih lanjut mengenai pemulangan jenazah korban ke negaranya,” katanya.

Terpisah, Kapolres Pesbar AKBP Alsyahendra, S.I.K, M.H., melalui Kasi Humas Ipda Kasiyono, S.E, M.H., mengatakan, jenazah yang ditemukan meninggal dunia di perairan pantai Walur, itu memang benar merupakan jenazah Leo Bautamy, turis asal Prancis yang sebelumnya dilaporkan hilang.

BACA JUGA:Kerap Picu Lakalantas, DLH Segera Pangkas Tanaman di Median Jalan Jalur Dua Raden Intan

Setelah ditemukan, selanjutnya korban dievakuasi dan dibawa ke Puskesmas terdekat yakni di Puskesmas Krui, Kecamatan Pesisir Tengah, untuk diidentifikasi.

“Kami dari Polres Pesbar akan melakukan proses selanjutnya yakni melakukan identifikasi korban dan koordinasi dengan dokter yang melakukan pemeriksaan untuk mengetahui penyebab kematian korban,” jelasnya.

Selain itu, kata dia, Polres Pesbar juga akan berkoordinasi dengan pihak Imigrasi untuk membantu berkomunikasi dengan keluarganya. 

Sehingga, hal itu dapat memudahkan langkah-langkah berikutnya terkait dengan pemulangan jenazah dan untuk melengkapi administrasi lain yang diperlukan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: